7 Tips Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap

7 Tips Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap

Kegiatan dan kesibukan sehari-hari tentu cukup melelahkan kita. Tak hanya otak yang bekerja namun juga seluruh badan kita yang tak jarang membuat kita berpeluh atau berkeringat. Keringat merupakan keadaan refleks tubuh untuk mengurangi atau menyeimbangkan suhu berlebih pada tubuh kita.

Keringat yang berlebih tentunya mudah mengundang bakteri pada kulit. Bila bakteri menggangu anda lewat keringat dan tidak segera anda bersihkan, maka akan menimbulkan bau badan yang tak sedap. Bila anda bermasalah dengan bau badan, ada beberapa tips di bawah ini yang dapat membantu mengurangi bahkan menghilangkan bau badan tak sedap.

1. Rajin Mandi


Mandi minimal dua kali sehari bagi anda yang tinggal di iklim tropis dan cuaca panas sangat berguna untuk membersihkan diri dari bakteri penyebab bau badan.

[caption id="attachment_2163" align="aligncenter" width="640"]Cara menghilangkan bau badan tak sedap Cara menghilangkan bau badan tak sedap (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

2. Hindari Begadang


Begadang akan menimbulkan stres pada tubuh, kurangnya jam istirahat ternyata dapat menimbulkan bau badan. Untuk itu aturlah jam istirahat anda minimal 7 jam dalam sehari.

3. Menggunakan parfum atau sabun wangi yang tajam


Tahukah anda bahwa tidak semua parfum berefek baik bagi tubuh anda? Maka berhati-hatilah memilih produk kebersihan dan kecantikan seperti sabun dan parfum. Pilihlah parfum dan sabun yang cocok dan lembut bagi kulit anda.

4. Rajin minum air mineral dan melap keringat


Minum air mineral dapat menstabilkan suhu tubuh. Jadi rajinlah minum apalagi setelah berolahraga. Bagi anda yang rajin berolahraga, jangan lupa menggunakan handuk segera bila anda berkeringat.

5. Memilih, Mengganti dan Mencuci Pakaian Secara Menyeluruh


Salah satu faktor yang haru diperhatikan ialah tentang kebersihan pakaian kita. Pilihlah Baju berbahan lembut yang nyaman di kulit sehingga anda tidak mudah berkeringat. Juga di dalam pemeliharaan pakaian, hendaknya anda sering mencuci dan mengganti pakaian yang telah terkena keringat. Keringat yang menempel pada pakaian dapat menyisakan bakteri. Sebaiknya pakaian direndam dengan detergen sebelum anda cuci dan jemur.

6. Gunakan pelembut dan pewangi pakaian


Keringat yang menempel di tubuh dan menimbulkan bau dapat dikurangi dengan menggunakan pelembut pakaian. Pilihlah pelembut dan pewangi yang sesuai dengan kulit anda.

7. Rajin Membersihkan area ketiak, punggung, leher dan pundak.


Menggunakan scrub atau spons saat anda mandi dapat membantu membuka pori-pori kulit yang tertutup keringat terutama pada bagian leher, bahu, ketiak dan punggung. Gunakan sabun yang lembut dan tidak berparfum karena keringat yang bercampur dengan parfum sabun akan menimbulkan bau tak sedap.

Stres juga dapat menimbulkan bau badan tak sedap. Untuk menghindarinya anda dapat menyalurkan kesenangan anda seperti mendengarkan musik instrumental atau klasik sehingga stres anda berkurang. (SRH)

Demikianlah Cara menghilangkan bau badan tak sedap, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar