6 Trik Membuat Kamar Sempit Terlihat Lebih Luas

6 Trik Membuat Kamar Sempit Terlihat Lebih Luas

Kamar merupakan tempat paling privasi bagi seseorang, selain sebagai ruang tidur, juga sering digunakan untuk melakukan hal-hal bersifat pribadi lainnya, seperti lembur mengerjakan tugas kuliah atau menyelesaikan pekerjaan kantor. Tetapi kamar juga pada umumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang pribadi seperti baju, sepatu, buku-buku dan barang privat lainnya, tentu hal ini akan memakan tempat / mengurangi luas dari kamar tersebut.

Sementara itu, dengan semakin terbatasnya ketersediaan lahan perumahan dan semakin mahalnya harga tanah, maka biasanya rumah-rumah sekarang dibangun dengan konsep minimalis dengan luas yang tidak terlalu besar, sehingga ruangan-ruangan di dalam rumah juga tidak akan terlalu luas, termasuk kamar.
Cara menata kamar yang sempit agar terlihat luas
Cara menata kamar yang sempit agar terlihat luas

Secara psikologis, ruangan yang nampak penuh akan terlihat semakin sempit dan itu akan memicu emosi negatif, menjadi gampang marah misalnya, terutama ketika badan sedang capek dan mood sedang tidak baik. Tetapi tidak perlu kuatir, kita bisa membuat kamar yang sempit terlihat lebih luas dengan cara berikut:

  1. Sediakan Meja Di Kamar Anda

Sebuah keuntungan jika anda memiliki meja yang terletak di samping tempat tidur dan biasanya meja lebih tinggi dari tempat tidur, karena anda bisa meraih barang yang ada di atas meja ketika anda sedang berbaring di ranjang.

Meskipun sudah cukup hanya dengan mempunyai satu buah meja, tapi idealnya anda menyediakan dua meja di kamar anda. Tetapi untuk ruangan yang tidak begitu luas, anda sebaiknya mempertimbangkan apa fungsi utama atau penggunaan dari meja tersebut, akan lebih sering untuk mengerjakan tugas / pekerjaan atau untuk berdandan, jadi anda bisa memilih jenis meja yang sesuai dengan fungsi dan ukuran kamar.

Pertimbangkan juga barang apa saja yang biasanya anda butuhkan sepanjang malam, yang akan anda letakkan di atas meja tersebut. Jika terpaksa anda memang harus mempunyai dua meja di dalam kamar, sebaiknya pilihlah yang mempunyai bentuk satu sisi lebih tinggi dan sisi yang lain lebih rendah dari tempat tidur anda.

  1. Atur Dengan Baik Semua Barang Dalam Kamar

Barang-barang yang berantakan dan tidak diatur, akan membuat ruangan menjadi semakin sempit, jadi agar kamar anda lebih lega, atur dengan baik barang-barang di dalam kamar anda.

Jangan sembarangan meletakkan barang yang bisa membuat kamar anda terlihat berantakan, seperti membiarkan saja charger handphone anda tergeletak sembarangan. Sediakan tempat untuk menyimpannya. Juga barang-barang sepele lainnya, seperti karet rambut atau aksesoris lainnya.

  1. Gunakan Kolong Ranjang Anda Sebagai Tempat Menyimpan Barang

Jika kamar anda sempit, maksimalkan setiap sudut dan tempat yang ada untuk menyimpan barang-barang anda. Anda bisa menjadikan kolong tempat tidur sebagai tempat penyimpanan. Pilihlah barang apa saja yang bisa dengan aman anda simpan disana. Jangan lupa untuk membungkusnya terlebih dahulu dengan plastik agar tidak rusak oleh dinginnya lantai, kemudian tempatkan pada wadah, seperti kontainer plastik atau kardus, dan simpan di kolong ranjang anda, maka kamar anda akan menjadi lebih luas dan lega.

  1. Pilihlah Furniture Yang Multifungsi

Kamar sempit tidak memungkinkan kita menyimpan banyak barang dan perlengkapan di dalamnya termasuk furniture. Jadi pilihlah yang multifungsi, dimana satu barang memiliki lebih dari satu fungsi. Seperti meja yang sudah dijelaskan pada poin pertama, gunakan meja yang bisa untuk bekerja, sekaligus untuk berdandan. Begitu juga dengan lemari pakaian, anda bisa memilih lemari yang tidak terlalu tinggi sehingga bagian atasnya bisa berfungsi juga untuk meletakkan barang-barang anda.

  1. Pasang Lampu Penerangan

Penerangan yang baik merupakan cara termudah untuk membuat ruangan sempit terlihat lebih luas. Anda pernah berada di ruangan yang gelap dan tidak ada cahaya sedikitpun, seperti ketika mati lampu pada malam hari, bukankah anda akan merasa sesak napas. Karena gelap akan membuat ruangan menjadi terasa sempit. Jadi jangan lupa untuk memasang lampu yang sesuai dengan selera anda, bisa lampu meja ataupun lampu lainnya, agar kamar anda cukup cahaya dan akan terasa lapang.

  1. Pasang Cermin Di Kamar Anda

Satu lagi cara yang sering dilakukan untuk membuat ruangan terkesan lebih luas, yaitu dengan memasang cermin di ruangan tersebut. Cermin akan memantulkan sisi atau sudut lain dari ruangan tersebut sehingga akan membuat efek lebih luas dari yang sebenarnya.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar