6 Tips Untuk Melanggengkan Hubungan Pernikahan

6 Tips Untuk Melanggengkan Hubungan Pernikahan

Kehidupan rumah tangga merupakan hubungan antara laki-laki dan perempuan yang diniatkan untuk selamanya. Tetapi tentu saja hal yang manusiawi bahwa ikatan pernikahan itu tidak ubahnya seperti sebuah rutinitas yang pasti suatu saat akan mendatangkan rasa bosan. Karena kita harus hidup berbagi segala hal dengan orang yang sama setiap hari selama bertahun-tahun.

Pasangan suami istri merupakan dua orang yang berbeda yang “dipaksa” menjadi sejalan dalam mengarungi rumah tangga sehingga menjadi hal yang wajar jika terkadang timbul konflik dan pertengkaran. Untuk itulah agar konflik tidak terjadi berkepanjangan yang bisa berakibat pada perpisahan pasangan, perlu untuk belajar dan melakukan hal–hal yang bisa semakin mendekatkan secara emosional agar bisa lebih berharmonisasi dalam mengayuh biduk rumah tangga sehingga tercapai kebahagiaan pernikahan yang menjadi tujuan utama. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar hubungan pernikahan lebih menyenangkan dan jauh dari konflik.

  1. Belajar untuk selalu jujur terhadap pasangan


Hal yang terpenting dalam sebuah hubungan ialah kejujuran dan keterbukaan. Karena ketika kita berbohong, maka akan dibutuhkan kebohongan yang lain lagi, selain itu jika dibiarkan akan menjadi sebuah kebiasaan. Ketika terjadi sesuatu yang kurang sreg dengan keinginan, kita ungkapkan dengan jujur dan dengan cara yang baik agar bisa menemukan solusi yang tepat dan nyaman untuk kedua belah pihak. Ketika kita melakukan kesalahan, beranilah untuk mengakuinya.

[caption id="attachment_2157" align="aligncenter" width="525"]Cara agar hubungan tetap langgeng dan romantis Cara agar hubungan tetap langgeng dan romantis[/caption]

  1. Menjaga kedekatan fisik dan ciptakan kebersamaan


Makin kesini hidup makin dinamis, manusia semakin sibuk dan mobile sehingga waktu untuk bertemu semakin berkurang. Meskipun sekarang sudah banyak aplikasi yang memungkinkan dua orang yang berada di tempat yang berbeda tetap terhubung tetapi tentu saja itu tidak bisa menggantikan kebutuhan emosional untuk bertemu secara fisik. Yang lebih berbahaya ialah ketika mulai merasa terbiasa berjauhan kemudian perasaan tidak membutuhkan kehadiran pasangan lagi. Sudah terbiasa sendiri dan menikmati hal tersebut. Bagaimanapun, sesibuk apapun buatlah jadwal untuk menikmati kebersamaan, ciptakan quality time bersama pasangan melakukan hal-hal sederhana bersama seperti joging atau memasak atau sekedar mengobrol.

  1. Belajar menghormati dan menghargai pasangan


Sudah fitrahnya manusia itu memiliki sifat egois, maunya dipahami, dimengerti, didengarkan tanpa mau melakukan hal yang sama kepada orang lain. Tetapi, perlu diingat bahwa pasangan kita merupakan manusia biasa juga  yang memiliki keinginan seperti kita. Dia juga butuh didengarkan dan dimengerti. Jangan memaksakan kehendak jika pasangan keberatan dengan apa yang menjadi keinginan kita, tanyakan baik-baik apa yang menjadi keberatannya. Dengarkan pendapatnya sebagai bukti bahwa kita menghargainya sebagai orang yang berbagi hidup dengan kita.

  1. Menikmati “me time”


Meskipun penting untuk menjaga kebersamaan, tetapi ada kalanya kita juga perlu menikmati waktu untuk bersenang-senang sejenak, mungkin dengan beberapa teman tanpa pasangan. Pergi ke salon, ke mall atau ke tempat lain untuk menghindari kejenuhan. Begitupun pasangan, sesekali berikan padanya waktu untuk bertemu dan berkumpul dengan teman-temannya, bersosialisasi tanpa kita agar terhindar dari rasa jenuh.

  1. Pandai membaca keadaan atau mood pasangan


Dalam menjaga keharmonisan rumah tangga diperlukan communication skill yang baik agar apa yang menjadi isi pikiran kita bisa tersampaikan kepada pasangan dengan benar dan tidak terjadi salah paham. Yang tidak boleh diabaikan ialah baca kondisi emosional pasangan, apakah moodnya baik atau sedang bete. Karena meskipun kita bicara dengan baik padanya, tetapi jika pasangan sedang dalam kondisi lelah karena urusan pekerjaan atau yang lain, sangat mungkin apa yang kita katakan padanya akan menjadi sesuatu yang menyebalkan untuknya. Kalau pasangan terlihat sedang uring-uringan atau capek, tundalah bicara padanya sampai moodnya baik.

  1. Jangan segan bertanya pada expert


Banyak pasangan yang terlihat harmonis, mesra dan bahagia, ternyata tiba- tiba dikabarkan sedang dalam proses perceraian. Kenapa hal ini bisa terjadi? Seperti api dalam sekam, ketidaksesuaian dan ketidaknyamanan yang dibiarkan secara terus-menerus meski tidak terlihat lama-lama akan membuat hubungan menjadi hambar. Menjadi tidak bergairah lagi karena terlalu sering diwarnai oleh percekcokan. Bagaimana untuk mencegahnya? Salah satunya datangi konselor perkawinan agar bisa dibantu untuk menemukan jalan tengah yang terbaik. Karena mungkin selama ini kita hanya kurang mampu memahami keinginan pasangan, kurang mampu menjembatani perbedaan jadi bertanyalah kepada orang yang lebih ahli dalam hal ini dan selamatkan perkawinan sedini mungkin.

Demikianlah Cara agar hubungan tetap langgeng dan romantis, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar