6 Tips Pereda Marah

6 Tips Pereda Marah

Sibuk sepanjang hari, serasa waktu bergulir seperti menjentikkan jari? Artinya Anda sudah memasuki area kepadatan kerja tinggi. Biasanya kesibukan tinggi yang menguras keras otak, tenaga dan waktu sehingga membuat kita panik dan mudah terpancing emosi. Hati-hati, bagi rekan di sekitar Anda yang meminta bantuan. Bisa jadi malah mendapat amarah dari Anda, bukannya solusi.

Bila Anda memiliki masalah dalam pengendalian emosi, ada beberapa hal yang bisa mengatasi marah Anda. Karena emosi yang berlebih tidak hanya mengganggu bagi rekan atau keluarga di sekitar Anda, tapi juga tidak baik bagi kesehatan Anda. Ayo kita simak tips mengendalikan marah berikut ini.

1. Non Aktifkan Headset Anda


Bila anda sedang sibuk dan memegang headset yang sedang aktif, tulislah status sibuk pada media sosial Anda. Sehingga Anda tidak banyak diganggu dengan obrolan yang kurang penting. Bila masih menggangu, matikan headset Anda atau ubah ke mode pesawat untuk menonaktifkan jaringan ponsel.

[caption id="attachment_2184" align="aligncenter" width="640"]Cara mengatasi emosi pada diri sendiri Cara mengatasi emosi pada diri sendiri (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

2. Mendengarkan Musik


Bila Anda sedang sibuk dengan tugas pribadi atau kantor di ruang Anda pribadi, Anda dapat menyetel beberapa lagu kesukaan anda. Gunakan earphone agar tidak mengganggu rekan yang lain.

3. Prioritas Kerja dan Dukungan


Bila pekerjaan yang menumpuk seperti banyaknya orderan penjualan bagi Anda yang berjualan atau karena banyaknya tagihan yang belum dibayarkan Anda dapat mendahulukan pekerjaan yang paling mendesak. Mintalah bantuan bila Anda tidak dapat mengatasinya sendiri. Untuk mudahnya, buatlah jadwal pekerjaan dan pembagian tugas.

4. Rehat Sejenak dan Berdoa


Bila amarah Anda belum juga reda, ambil waktu untuk rehat sejenak dan berdoa. Dengan memanjatkan doa, tentunya hati kita akan lebih didamaikan dan lebih tenang. Serahkan segala yang menjadi masalah dalam penyertaan Tuhan. Pasti segala masalah lebih mudah teratasi dengan pikiran yang lebih jernih.

5. Meminta Maaf


Marah dapat diakibatkan kurangnya komunikasi dengan rekan atau keluarga. Persoalan pribadi ini harus diselesaikan. Mari komunikasikan dan saling meminta maaf agar suasana hati anda yang sedang panas kembali normal.

6. Konsultasi Dengan Dokter


Namun bila ke lima solusi di atas tidak membantu Anda mengatasi amarah, bisa jadi Anda memiliki masalah dengan kesehatan. Periksalah tekanan darah anda dan minumlah obat penurun tekanan darah sesuai anjuran dokter. Anda juga dapat mengatur pola makan sehat dengan mengurangi konsumsi lemak jenuh dan berolahraga agar terhindar dari marah yang kurang terkontrol. Semoga bermanfaat (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar