6 Tips Memelihara Hewan Peliharaan dengan Baik

6 Tips Memelihara Hewan Peliharaan dengan Baik

Memiliki hewan peliharaan sudah menjadi kebiasaan umum manusia. Kebanyakan diantara mereka memilikinya karena memang menyukai hewan, hobi, atau bahkan untuk dijadikan teman di rumah. Biasanya hewan yang paling sering dijadikan peliharaan manusia ialah kucing, anjing, kelinci, dan burung. Namun, memiliki hewan peliharaan di rumah tidak serta-merta kita untuk membiarkannya begitu saja. Kita juga mempunyai tanggung jawab untuk memeliharanya dengan baik. Dengan begitu, banyak hal yang harus kita perhatikan agar mereka bisa tumbuh, sehat, dan tidak terjangkit penyakit.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar kita dapat merawat hewan peliharaan dengan baik:

  1. Pembuatan dan Penempatan Kandang.


Umumnya kandang yang baik untuk hewan peliharaan ialah kandang yang jauh dari kebisingan. Carilah tempat yang jauh dari kebisingan dan perhatikan bahan yang akan dijadikan kandang. Berikan kandang yang dapat mempermudah untuk membuang kotoran, misalnya diberi lubang atau diberi tempat khusus untuk membuang kotoran. Usahakan membuat kandang yang terbuat dari bahan alami, contohnya kayu, dan letakkan kandang di tempat yang teduh bila hewan tidak suka terkena sinar matahari.

[caption id="attachment_2313" align="aligncenter" width="640"]Cara pemeliharaan hewan peliharaan Cara pemeliharaan hewan peliharaan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Perhatikan Kondisi Hewan.


Pada saat membeli hewan peliharaan, pastikan hewan dalam keadaan sehat dan tidak terserang penyakit. Pilihlah hewan yang setengah dewasa, karena hewan tersebut telah memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibandingkan yang masih kecil. Untuk mengecek kesehatannya secara rutin, bawa hewan ke dokter hewan setiap tiga bulan sekali, berikan juga vaksinasi untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuhnya.

  1. Kebersihan Kandang Hewan.


Untuk menjaga kebersihan hewan peliharaan itu sendiri, kita juga perlu mengecek kebersihan dari kandangnya setiap hari. Luangkanlah waktu untuk membersihkan kandang hewan setiap 2 minggu sekali. Atau jika dirasa kandang sudah kotor dan bau, bersihkanlah saat itu juga. Hal ini dilakukan agar hewan peliharaan tidak mudah terserang bakteri atau kuman yang dapat menyerang penyakit kulit di tubuhnya.

  1. Pemberian Makan dan minum hewan.


Seperti halnya manusia, hewan juga membutuhkan makan dan minum untuk perkembangannya. Pemberian makanan tidak perlu berlebih, namun secukupnya saja, dan harus teratur. Perhatikan kandungan gizi yang diberikan untuk hewan tersebut, dan tentunya kita juga harus tahu makanan yang sesuai dan baik untuk mereka.

  1. Perawatan khusus.


Perhatikan kondisi anggota tubuh dari hewan, mulai dari mata, telinga, mulut, hidung, dan juga lubang pembuangan. Luangkanlah waktu untuk memandikannya dua minggu sekali atau sebulan sekali. Hal itu agar kebersihan hewan tetap terjaga dan lebih terlihat menarik dilihat.

Sediakan shampo khusus hewan agar bulu–bulunya tidak rusak, dan potong kukunya dengan rapi agar kukunya yang panjang tidak melukai dirinya sendiri, setelah selesai mandi, keringkanlah sampai benar–benar kering agar jamur tidak mudah masuk ke tubuhnya. Jika mengalami kerepotan dalam memandikannya sebaiknya bawalah ke petshop.

  1. Perhatian Khusus.


Hewan juga layaknya seperti manusia yang membutuhkan perhatian. Maka seringlah bermain dengan hewan peliharaan anda dan berikanlah ia kasih sayang. Hal itu dapat membuat ia semakin nyaman dan membuatnya tidak mudah stres.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar