6 Cara Mengatasi Mata Merah Secara Tradisional

6 Cara Mengatasi Mata Merah Secara Tradisional

Mata Merah merupakan gangguan yang amat menyebalkan. Terlebih lagi dalam menjalankan berbagai aktivitas. Maka dari itu tidak boleh dibiarkan, dan harus segera dilakukan pengobatan sebelum terjadi yang lebih parah lagi. Pada umumnya mata merah diobati oleh berbagai macam obat tetes mata yang dibeli di apotik atau minimarket lainnya. Namun terkadang obat tetes matapun belum cukup untuk mengobati mata merah, bahkan tidak berpengaruh dalam proses penyembuhan.

Bagi anda yang ingin mencoba pengobatan mata merah secara tradisional, dapat dilakukan cara berikut ini :

  1. Air hangat.


Basuhlah kelopak mata dengan air hangat, bukan air panas. Ini merupakan cara ampuh untuk melunakkan dempetan mata dan menghilangkan kotoran sisa belekan yang masih menempel pada kelopak mata, dan usapkan 3-4 kali sehari kurang lebih selama 5 menit.

[caption id="attachment_2270" align="aligncenter" width="630"]Cara mengobati mata merah dengan bahan alami Cara mengobati mata merah dengan bahan alami (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Daun sirih.


Sejak zaman dahulu sirih telah dikenal ampuh untuk mengobati sakit mata. Rebuslah daun sirih lalu dinginkan, kemudian peraslah daun sirih dan air perasannya dapat diteteskan langsung ke bagian mata yang merah. Bisa juga bagi anda yang malas untuk merebusnya, daun sirih dapat direndam menggunakan air panas.

  1. Mentimun.


Selain bermanfaat untuk perawatan kulit dan wajah, timun juga dapat memberikan manfaat untuk mata. Ini dikarenakan timun dapat memberikan rasa rileks pada mata terutama timun yang sudah didinginkan. Letakkanlah irisan timun dingin pada mata.  Ketimun mengandung anti iritasi yang sifatnya mengurangi peradangan, bengkak, dan iritasi pada mata.

  1. Air mawar.


Cuci mata dengan air mawar dua sampai tiga kali sehari. Hal ini bisa lebih mudah dilakukan di rumah, dan air mawar dapat memberikan efek dingin dan menenangkan pada mata.

  1. Kentang mentah.


Potonglah dua iris kentang mentah dan letakkan pada mata. Untuk hasil terbaik, sebaiknya gunakan irisan kentang mentah agar mata lebih rileks dan menghilangkan rasa gatal serta mata merah.

  1. Bawang putih.


Sebelum tidur, anda dapat juga melakukan pengobatan mata merah dengan mengoleskan bawang putih pada kelopak mata bagian bawah. Ambil satu siung bawang putih, kemudian dicuci bersih, dan iris bagian ujung bawang. Gosokkan ujung bawang yang sudah dipotong secara perlahan sejajar dengan akar bulu mata. Mungkin akan terasa perih, gatal, bahkan geli hingga kepala terasa bergoyang–goyang.

Semua cara di atas tentunya tidak boleh dilakukan sembarangan, kita juga harus memperhatikan kondisi mata dan tingkat keparahan mata tersebut. Salah–salah bukannya semakin sembuh, malah semakin parah. Ada baiknya, jika bisa dikonsultasikan kepada orang yang lebih ahli misalnya dokter mata.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar