5 Trik Jitu Menurunkan Berat Badan Dengan Pengaturan Asupan Makanan

5 Trik Jitu Menurunkan Berat Badan Dengan Pengaturan Asupan Makanan

Obesitas kini menjadi masalah yang tidak bisa dianggap sepele. Gaya hidup yang buruk, asupan makanan tinggi kalori, dan kurang banyak bergerak aktif, menjadi beberapa pemicu terjadinya obesitas.

Efek buruk yang ditimbulkan oleh obesitas tidak hanya sekedar masalah penampilan yang tidak menarik namun juga masalah kesehatan seperti kolestrol, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, dan lain sebagainya. Maka dari itu, jika Anda terkena gejala obesitas atau malah sudah masuk kategori obesitas, segeralah untuk melakukan treatment penurunan berat badan.
Cara tradisional menurunkan berat badan dalam 1 minggu
Cara tradisional menurunkan berat badan dalam 1 minggu


Banyak treatment yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan antara lain dengan pengaturan pola makan, asupan nutrien, senam, dan bergerak aktif. Sebagai langkah awal, Anda bisa melakukan beberapa trik sederhana untuk membuang kelebihan berat badan dengan pengaturan asupan makanan. Seperti apa triknya? Simak penjelasan  di bawah ini!

Trik Menurunkan Berat Badan



  1. Minum Air Putih Sebelum Makan

Sebagai pembuka dari kumpulan tips menurunkan berat badan dengan menjaga asupan makanan, akan dibahas mengenai pentingnya minum air putih sebelum mulai makan. Mengapa demikian? Dengan konsumsi air putih sebelum makan, maka akan memberikan efek kenyang. Akibatnya, Anda menjadi enggan untuk menyantap makanan dalam porsi besar, atau bisa jadi hanya menyantap makanan dalam porsi yang sangat sedikit. Terkadang Anda bisa tertipu dengan stimulus yang diberikan oleh otak. Sebenarnya tubuh hanya merasa haus, namun otak mengirimkan sinyal lapar sehingga Anda memasukkan kalori yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk makan ketika lapar, sebaiknya pastikan dulu apakah itu lapar sungguhan atau hanya tipuan.

  1. Makan Dalam Porsi Kecil

Jika Anda biasa makan dalam porsi besar, maka mulai sekarang kurangi porsi makan Anda. Jika Anda ragu apakah bisa kenyang dengan porsi yan sudah dikurangi, maka solusinya ialah makan pelan-pelan. Dengan makan lebih lambat, maka Anda memberikan kesempatan pada otak untuk memberi pesan bahwa Anda sudah kenyang.

Jika cara ini cukup menyulitkan, Anda bisa membuat porsi yang cukup kecil dan lakukan 4 sampai 5 kali sehari. Cara ini lebih efektif dibandingkan hanya makan 2 kali sehari namun dalam porsi yang besar. Hal ini disebabkan karena sedikit makanan yang masuk langsung dicerna, cepat dalam proses metabolismenya  dan langsung diolah menjadi energi.

  1. Pilih Asupan Makanan yang Tepat

Bagi setiap orang yang sedang menjalankan kontrol pola makan, rasa lapar merupakan momok paling utama. Dengan demikian, hal inilah yang harus dikendalikan pertama kali.

Sebelum memilih makanan yang akan disantap, sebaiknya perhatikan kandungan nutriennya. Pilihlah makanan yang mengandung protein seperti putih telur, keju, kedelai, dan kacang-kacangan. Selain dapat menjadi sumber energi, protein juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama serta dapat membantu membakar lemak dalam tubuh.

Tidak hanya protein, makanan dengan kandungan serat tinggi juga direkomendasikan untuk Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan. Sayur-sayuran, buah, dan biji-bijian merupakan beberapa contoh makanan dengan kandungan serat tinggi. Kandungan serat tinggi tak hanya mampu menahan rasa lapar lebih lama, namun juga memudahkan proses Buang Air Besar (BAB) sehingga saluran pencernaan lebih sehat.

  1. Kurangi Porsi Makanan Manis

Faktanya, makanan manis memberikan energi yang lebih besar daripada karbohidrat kompleks atau protein. Namun, memasukkan banyak makanan manis dengan kandungan glukosa tinggi dalam tubuh juga tidak baik untuk kesehatan. Karena glukosa dalam darah yang terlalu berlimpah akan diubah menjadi lemak jika tidak digunakan oleh tubuh.

  1. Konsumsi Makanan Pedas

Trik terakhir dalam menurunkan berat badan dengan pengaturan asupan makanan ialah dengan konsumsi makanan pedas. Tentu bagi Anda yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap makanan pedas harus berhati-hati jika hendak menggunakan cara ini. Menurut beberapa penelitian, kandungan lada, merica, dan cabai dalam makanan yang Anda konsumsi dapat membantu pembakaran lemak pada usus besar ketika Anda tidur.

Namun Anda harus mewaspadai beberapa hal ketika akan memanfaatkan lada dan cabai sebagai menu diet. Mengapa ? Karena makanan pedas biasanya mengundang selera makan, sehingga Anda perlu melakukan kontrol terhadap porsi makan. Selain itu, jangan sampai konsumsi makanan pedas terlalu berlebihan karena dikhawatirkan justru akan menimbulkan masalah pada sistem pencernaan Anda.


Demikianlah beberapa tips jitu menurunkan berat badan dengan pengaturan asupan makanan. Semoga dapat membantu program penurunan berat badan Anda. Salam
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar