5 Tips Menghadapi Masa–Masa Skripsi

5 Tips Menghadapi Masa–Masa Skripsi

Skripsi ? Kata itu merupakan momok yang menakutkan. Khususnya bagi para mahasiswa/mahasiswi tingkat akhir. Bagaimana tidak, mereka dihadapkan dengan pilihan untuk tetap menjalankan kewajiban itu sebagai syarat kelulusan mereka. Bila dibayangkan saja, sudah terbayang bagaimana repotnya tahap–tahap yang harus dilalui dalam pembuatan skripsi itu sendiri. Nah, dalam menghadapi dan menjalani masa–masa skripsi, tiap mahasiswa punya caranya masing–masing,

Berikut ini ada beberapa tips untuk mahasiswa/mahasiswi yang akan dan sedang menjalaninya.

  1. Hadapi dengan tenang konsultasi dosen pembimbing.


Dosen pembimbing juga manusia, jadi berusahalah untuk menghadapinya dengan tenang. Meskipun ada beberapa mahasiswa yang tidak bisa memilih sendiri dengan siapa ia akan melewati masa–masa skripsinya nanti. Namun berusahalah untuk mengenal dan memahami karakter dosen itu sendiri sebelum kita menghadapinya.

[caption id="attachment_2289" align="aligncenter" width="640"]Cara menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi Cara menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi (ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Dengarkan, menggangguk, dan selalu tersenyum.


Meskipun kita lelah menghadapi coretan dan bimbingan berulang–ulang, namun tidak ada salahnya jika kita tetap mendengarkan apa yang dikatakan oleh dosen pembimbing. Tetap serius untuk mendengarkan, menggangguk seakan–akan memahami, dan selalu tersenyum menerima segala kritik dan sarannya. Itu dapat membantu mengurangi ketegangan yang terjadi diantara kedua belah pihak antara mahasiswa dan dosen itu sendiri.

  1. Berpakaian rapi dan wangi.


Dalam perkuliahan sehari-hari, jika telah terbiasa untuk berpakaian dan berpenampilan seadanya, cobalah untuk berubah saat menjelang semester akhir. Berubah untuk berpakaian dan berpenampilan sebaik dan serapi mungkin. Jika memungkinkan gunakan parfum, agar saat bertemu dengan dosen pembimbing selalu terlihat bersih dan wangi.

  1. Perbanyak Usaha dan Doa


Roda itu terus berputar, maka yakinlah semua yang sedang kita jalani semuanya akan terlewati dan kita bisa mengatasinya dengan baik pula. Tetap perbanyak usaha dan selalu berdoa kepada Tuhan agar kita bisa melewatinya. Jika keduanya selalu diperbanyak, maka skripsi akan berjalan dengan baik pula terlepas bagaimana sikap dosen itu sendiri dan tingkat kesulitan skripsi yang kita kerjakan. Maka semua tantangan itu akan bisa terlewati.


  1. Minta doa dan restu dari orang tua.


Segala sesuatu yang dilakukan diperlukan doa dan restu dari orang tua. Karena doa dan restu dari orang tua merupakan bentuk restu dari Tuhan pula. Jika segala sesuatunya direstui oleh orang tua kita, maka Tuhan akan mendengarkannya dan merestui pula. Maka proses berjalannya pembuatan skripsi hingga berakhirnya sidang skripsi, jalannya pun akan dilancarkan dan hambatannya bisa dihadapi semua.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar