5 Tips Mengatur Pola Hidup Sehat untuk Penderita Diabetes

5 Tips Mengatur Pola Hidup Sehat untuk Penderita Diabetes

Dalam memilih makanan, seorang penderita diabetes diharuskan berhati–hati untuk mengatur pola makan sehari–hari. Maka penderita diabetes harus memilih pola makan yang sehat agar kadar gula dalam tubuhnya bisa dikontrol. Selain makanan, penderita diabetes juga harus memiliki pola hidup yang sehat. Berikut beberapa tips yang dianjurkan bagi penderita diabetes.

  1. Menjaga dan mengatur pola makan.


Bagi penderita diabetes, faktor makanan merupakan hal yang paling utama yang perlu diperhatikan. Selain karena makanan mempengaruhi kadar gula dalam tubuh, makanan yang salah juga dapat mengganggu aktivitas, karena biasanya beberapa penderita diabetes ada yang mengalami badan lemas dikarenakan tubuh tidak bisa mengubah zat gula menjadi energy dan terjadi karena tubuh tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup.

[caption id="attachment_2212" align="aligncenter" width="640"]Pola makan penderita diabetes Pola makan penderita diabetes (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes ialah makanan yang mengandung karbohidrat dan juga padi–padian, dan makanan yang terlalu manis karena dapat memicu naiknya kadar gula darah.  Sedangkan makanan yang dianjurkan biasanya bisa dimulai dengan sarapan pagi berupa telur dadar yang digoreng dengan minyak zaitun menggunakan bumbu alami tanpa tambahan msg. Untuk siang harinya, bisa memakan daging ayam juga digoreng dengan minyak zaitun, dengan salad untuk sayurannya. Untuk malam hari, bisa merebus atau memakan ikan serta asparagus sebagai sayurannya.

  1. Konsumsi Vitamin atau obat yang dianjurkan oleh dokter.


Jika telah berkonsultasi dengan dokter, dan telah diberikan obat yang harus dikonsumsi, maka konsumsilah secara teratur. Kalau perlu minumlah vitamin yang cocok bagi penderita diabetes agar badan tetap fit dan tetap dapat menjalankan aktivitas secara lancar. Konsultasi secara teratur mengenai perkembangan kesehatan setelah mengonsumsi obat yang diberikan sehingga dokter dapat mengevaluasinya.

  1. Olahraga secara teratur.


Luangkanlah waktu minimal 30 menit perhari untuk berolahraga. Bagi penderita diabetes olahraga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan membuat sel  tubuh sensitif terhadap insulin, dan juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

  1. Tidur yang cukup.


Sebuah fakta dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Peter Liu, MD, PhD dari Los Angeles Biomedical Research Institute menerangkan bahwa, kadar insulin yang mengatur stabilitas kadar gula dalam darah akan bekerja lebih maksimal jika orang beristirahat yang cukup. (sciencedaily.com, 18 Juni 2013). Istirahat sekitar tujuh hingga delapan jam dalam sehari sangat dianjurkan.


  1. Pencegahan Penyakit Diabetes.


Bagi seseorang yang belum terkena penyakit diabetes, seringlah memakan sayur–sayuran yang tidak mengandung zat tepung. Ciri–ciri makanan yang tidak mengandung zat tepung ialah sayuran yang tidak berakar. Misalnya asparagus, brokoli, kol, kacang hijau, lada, dan lain–lain. Selain itu, jauhi makanan yang mengandung lemak jahat. Lemak jahat terkandung dalam makanan yang digoreng, dan mengonsumsi lemak yang mengandung omega 3 yang bisa ditemukan pada ikan, tuna, ikan salem, telur, dan juga ikan halibut.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar