5 Tips Mengatasi Insomnia dengan Beberapa Kebiasaan Unik

5 Tips Mengatasi Insomnia dengan Beberapa Kebiasaan Unik

Setelah seharian lelah bekerja dan beraktivitas, maka ketika malam hari tiba harapan terbesar Anda yaitu segera beristirahat dan tidur. Kondisi yang sangat lelah mungkin menjadi kondisi yang cukup ideal untuk tidur dengan pulas. Namun ada beberapa orang yang tetap mengalami kesulitan tidur bahkan di saat kondisi tubuh sangat lelah. Keadaan ini tentu sangat menjengkelkan dan jika berlangsung dalam waktu yang lama, maka akan mengganggu kesehatan Anda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips mengatasi insomnia dengan beberapa cara dan kebiasaan unik. Jika Anda melakukan kebiasaan ini, mudah-mudahan kualitas tidur Anda menjadi lebih baik sehingga Anda bisa lebih produktif.

[caption id="attachment_2337" align="aligncenter" width="640"]Tips mengatasi susah tidur insomnia Tips mengatasi susah tidur insomnia (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

5 Tips Mengatasi Insomnia



  1. Tentukan Jam Tidur


Tips yang pertama untuk mengatasi insomnia ialah dengan menetapkan jam tidur. Terdengar kolot mungkin, tapi cara ini akan sangat membantu jam biologis tidur Anda. Mungkin agak sulit saat awal-awal mencoba cara ini, terlebih bagi Anda yang terbiasa tidur sengantuknya.

Tentukan jam tidur Anda sebagai contoh maksimal pukul sebelas malam. Pada waktu tersebut, organ dalam tubuh mulai melakukan proses perbaikan dan pengeluaran racun. Agar proses tersebut maksimal, maka sebaiknya Anda dalam kondisi tidur.

Semakin sering dan rutin Anda melakukan kebiasaan ini, maka lama-kelamaan kerja hormon melatonin dan seretonin akan menyesuaikan. Kolaborasi kedua hormon tersebut akan membuat Anda rileks dan tenang sehingga lebih cepat tidur.

  1. Tantang Diri Untuk Tetap Terjaga


Sekilas membaca trik pada poin kedua ini, pasti Anda akan bertanya-tanya ”apa bisa?”. Cara ini memang cukup aneh, tapi cukup mujarab untuk menghadirkan rasa kantuk pada diri Anda. Prinsip dari cara ini ialah menemukan fenomena sleep paradox, dimana ketika seseorang menantang dirinya untuk tetap terjaga, justru otak akan memberontak. Teori ini dikemukakan oleh psikoterapis ternama Julie Hirst.

Menurut Julie, otak tidak akan memproses sebuah perintah negatif dengan baik. Otak akan berontak dan mengartikan perintah untuk tidak tidur justru sebagai instruksi untuk tidur. Cobalah untuk tidur telentang di atas kasur dengan penerangan yang temaram dan mata terbuka. Katakan berulang-ulang pada diri sendiri bahwa Anda tidak akan tidur sepanjang malam. Maka yang akan terjadi ialah otot mata lelah, dan rasa kantuk menyerang. Penasaran? Coba saja!

  1. Sembunyikan Jam


Sebagai insan yang hidup di zaman yang super sibuk, maka memiliki alat penunjuk waktu merupakan keharusan. Anda harus dengan mudah mengetahui pukul berapa sekarang bahkan ketika sedang tidur. Bagi Anda pengidap insomnia, baik akut maupun standar, sebaiknya tidak perlu membawa alat penunjuk waktu dalam bentuk apapun ke tempat tidur. Percaya tidak percaya, membawa alat penunjuk waktu, baik itu via jam beker, jam dinding ataupun via ponsel justru membuat Anda semakin sulit tidur. Mengapa? Karena kecenderungan untuk mengecek jam semakin meningkat.

Anda menjadi semakin stres ketika belum juga tidur hingga larut malam. Stres yang Anda derita saat itulah yang mengganggu kerja sistem saraf pengatur tidur sehingga membuat Anda semakin jauh dari rasa kantuk. Maka dari itu, fokuslah saja untuk tidur dan jangan membawa alat penunjuk waktu ke tempat tidur. Cukup pasang alarm di tempat yang agak jauh dari kasur agar Anda tidak tergoda untuk mengecek terus-menerus.

  1. Memutar Bola Mata Sambil Terpejam


Cara yang keempat untuk mengatasi insomnia yakni dengan memutar bola mata sambil terpejam. Trik ini direkomendasikan oleh Sammy Margo, penulis buku The Good Sleep Guide. Lakukan trik ini sambil tidur telentang di ruangan gelap. Dengan cara ini otak akan terstimulasi untuk mensekresikan hormon melatonin yang merupakan hormon pengontrol tidur.

  1. Jika Tak Kunjung Bisa Tidur, Beranjaklah dari Tempat Tidur


Tips yang terakhir dalam mengatasi insomnia ini juga mungkin cukup aneh. Kebanyakan orang akan menganggap bahwa cara ini akan semakin menyulitkan kita untuk dapat tidur. Namun, menurut para ahli psikoterapi, pendapat tersebut justru keliru. Prinsip yang digunakan pada trik ini ialah kontrol stimulus.

Jika Anda berada di tempat tidur berjam-jam namun kantuk tidak juga datang, mungkin sistem koordinasi Anda sedang bekerja kurang baik. Boleh jadi Anda masuk ke kamar tidur namun masih asyik bermain ponsel, menonton film, atau bahkan mengerjakan tugas di atas tempat tidur, dan menyebabkan otak beranggapan bahwa belum saatnya beristirahat. Maka dari itu, ketika Anda berniat ingin tidur, malah kantuk tidak kunjung datang.

Saat keadaan ini menyerang, sebaiknya segeralah beranjak dari tempat tidur. Lakukan aktivitas apapun di luar kamar tidur barang 10 atau 15 menit. Setelah itu, barulah Anda kembali ke kamar tidur dan jangan lakukan aktivitas yang lain lagi. Dengan cara ini, maka otak akan mengirimkan stimulus bahwa Anda sudah siap untuk tidur.

Bagaimana? Tidak sulit bukan cara mengatasi insomnia dengan 5 tips di atas. Silahkan dipraktekkan cara-cara tersebut agar begadang tidak menjadi kebiasaan Anda. Semoga bermanfaat!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar