5 Cara Sederhana Mendapatkan Kepercayaan Orang Lain Sejak Pertemuan
Pertama

5 Cara Sederhana Mendapatkan Kepercayaan Orang Lain Sejak Pertemuan Pertama

Bagi Anda seorang pebisnis atau orang yang menggeluti dunia marketing, meraih kepercayaan orang lain merupakan hal yang sangat penting agar barang dan jasa yang Anda tawarkan segera laku. Namun demikian, meraih kepercayaan tidaklah mudah. Presentasi berkali-kali pun kadang belum cukup untuk meyakinkan calon konsumen atau calon relasi bisnis Anda. Walaupun begitu, bukan berarti sangat sulit untuk meraih kepercayaan orang lain. Nyatanya, tidak sedikit para marketing dan bisnisman yang bisa meyakinkan orang lain bahkan sejak pertama mereka bertemu.

Memang ada beberapa orang yang dilahirkan dengan tampang dan pembawaan yang meyakinkan. Namun, tidak semua orang berhasil sukses dalam dunia bisnis dan marketing hanya bermodal pembawaan dan tampang yang meyakinkan. Banyak cara-cara lain yang bisa Anda gunakan agar terkesan meyakinkan di hadapan klien. Lantas, bagaimana caranya untuk mendapatkan kepercayaan orang lain bahkan sejak pertemuan pertama? Simak langkah-langkahnya pada pembahasan berikut.

[caption id="attachment_2448" align="aligncenter" width="640"]Cara membangun kepercayaan pada orang lain Cara membangun kepercayaan pada orang lain (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Cara Mendapatkan Kepercayaan Orang Lain Sejak Pertemuan Pertama



  1. Perhatikan Penampilan


Tampang boleh jadi sudah anugerah dari Sang Maha Pemilik Kehidupan. Namun tidak dengan penampilan. Sebagai seorang presentator yang baik, Anda harus memperhatikan detail penampilan Anda. Tidak harus berdandan dengan tampilan yang wah dan serba branded. Cukup padu padankan busana Anda dengan tepat, menggunakan ukuran pakaian dan sepatu yang pas, serta memperhatikan kebersihan dan kerapian.

Suka tidak suka, penampilan merupakan pintu gerbang audience antusias mendengarkan presentasi Anda atau tidak. Selain itu, dengan berpenampilan yang baik, rapi, dan bersih, Anda akan semakin percaya diri dan nyaman saat melakukan presentasi.

  1. Perkenalkan Diri Dengan Jelas


Langkah selanjutnya agar presentasi Anda mendapatkan kepercayaan dari calon klien ialah dengan memperkenalkan diri dengan jelas. Sebutkan nama Anda, tempat tinggal Anda, latar belakang pendidikan dan pengalaman (sesingkat mungkin namun jelas), dan posisi Anda dalam perusahaan atau bisnis yang sedang Anda geluti. Dengan cara ini, calon klien akan mengenal Anda cukup baik dan lebih mempercayai Anda.

Dalam melakukan langkah kedua ini, Anda harus berhati-hati agar tidak terjebak untuk menggambarkan diri Anda dalam cerita yang sangat panjang. Presentasi ini berkaitan dengan produk barang dan jasa Anda, bukan tentang diri Anda. Hindari pula mengumbar kelebihan, apalagi jika kelebihan tersebut hanyalah rekayasa. Mengutarakan hal-hal semacam itu bisa jadi membuat klien Anda jengah dan enggan mendengar lebih lanjut.

  1. Kuasai Materi Dengan Baik


Sebagai seorang penyaji, Anda harus sangat menguasai materi yang disajikan. Tugas utama Anda ialah membuat calon klien percaya dan menerima tawaran Anda. Jika Anda saja tidak menguasai materi dengan baik, bagaimana klien bisa percaya?

  1. Bangun Komunikasi yang Baik dengan Audience


Kebanyakan penyaji materi terkadang lupa bahwa harus menyediakan ruang untuk calon klien bertanya atau menanggapi. Perhatikan baik-baik ekspresi calon klien Anda. Apabila mereka terlihat bingung atau gusar, Anda bisa memberikan kesempatan untuk bertanya atau berpendapat. Pendengar yang bingung namun tidak diberi kesempatan untuk bertanya akan menjadi malas mendengarkan pembahasan Anda selanjutnya. Bangun komunikasi 2 arah agar calon klien merasa dekat dengan Anda.

  1. Jadilah Diri Sendiri


Terakhir, untuk sukses mendapatkan kepercayaan orang lain bahkan sejak pertemuan pertama ialah tetap menjadi diri sendiri. Tidak perlu meniru gaya presentasi orang lain. Tidak perlu membuat pencitraan tertentu hanya untuk disukai. Jadilah diri Anda sendiri, berikut kelebihan dan kekurangan Anda. Tentu Anda berharap bahwa kerjasama yang akan Anda bangun bersama relasi bisnis atau calon konsumen tidak hanya dalam tempo singkat, tapi untuk jangka waktu yang lama. Jika Anda menjadi orang lain, sanggupkah Anda bertahan tetap seperti itu?

Jika mengecewakan rekan bisnis Anda, bisa jadi ia akan menyebarkan kekecewaanya ke orang-orang lain yang sebenarnya potensial sebagai rekan bisnis atau target pasar Anda. Hal ini tentu akan merusak reputasi Anda. Maka dari itu, tetaplah jadi diri sendiri.

Demikianlah 5 Cara Sederhana untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain sejak pertemuan pertama. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi Anda. Selamat mencoba!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar