5 Cara Perawatan Kulit Wajah Praktis Untuk Wanita Usia 30-an

5 Cara Perawatan Kulit Wajah Praktis Untuk Wanita Usia 30-an

Tidak bisa dipungkiri, seiring dengan bertambahnya umur, kulit terutama pada bagian wajah akan semakin rawan berubah menjadi kusam dan tidak kencang lagi, terutama ketika sudah mulai memasuki usia 30 tahun. Tentu saja bagi sebagian besar orang, terutama wanita, hal ini bisa jadi momok yang menakutkan.

Pada usia 30-an produksi kolagen yang bertanggung jawab menjaga kesehatan dan elastisitas kulit mulai berkurang. Kurangnya kolagen menyebabkan kulit mudah timbul flek hitam, kendor dan berkerut. Untuk menanggulangi hal ini anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung kolagen dan vitamin C seperti apel, pear, buah persik (peach), anggur, buah berry-berryan, jeruk, tomat, aprikot dan masih banyak lagi. Selain itu, juga menjaga pola makan dan pola tidur. Kurang tidur juga akan menghambat produksi kolagen. Tetapi hal itu saja tentu tidak cukup, anda harus rajin merawat kulit wajah anda agar terjaga kesehatan dan kecantikannya. Berikut ini cara perawatan yang bisa anda lakukan.

  1. Lakukan Scrubbing Atau Pengelupasan Kulit Secara Teratur

Setiap malam kulit kita beregenerasi membangun sel–sel yang baru, jadi ketika pagi hari akan terdapat penumpukan sel kulit mati. Tentu kulit mati yang dibiarkan saja akan membuat wajah menjadi kusam, mungkin juga bisa menimbulkan jerawat.

Agar sel kulit mati bisa terangkat dari wajah, lakukan scrubbing minimal seminggu sekali. Anda bisa membeli produk-produk scrub yang dijual di pasaran atau bisa juga membuatnya sendiri. Gunakan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan kolagen seperti apricot atau buah persik sebagai bahan untuk scrub.

  1. Cucilah Wajah Dua Kali Sehari

Jangan lupa untuk rajin mencuci wajah anda dan jangan berlebihan, karena terlalu sering mencuci wajah justru bisa menghilangkan minyak alami dari wajah anda, dan ini akan membuat wajah menjadi semakin kering yang akan menimbulkan keriput. Cukup cuci sebanyak dua kali sehari atau malah cukup bersihkan wajah anda setiap malam sebelum tidur dengan micellar water.

Micellar water merupakan pembersih wajah berbentuk cairan yang bebas alkoh*l, sabun, detergen dan bahan kimia lainnya, sehingga cocok untuk kulit wajah yang sensitif sekalipun. Di Indonesia, sudah banyak produk micellar water dengan berbagai merk yang biasanya bertuliskan cairan pembersih wajah.

  1. Gunakan Krim Mata
Perawatan wajah usia 30 tahun keatas
Add caption


Berkurangnya produksi kolagen, salah satunya akan menimbulkan kerutan di sekitar mata dan ini akan mengurangi kecantikan seorang wanita. Banyak produk anti-aging dijual bebas dengan harga yang variatif termasuk krim mata. Tetapi nyatanya kosmetika ini sering menimbulkan rasa takut pada wanita untuk memakainya dalam jangka panjang, karena kandungan bahan kimianya. Tetapi jangan kuatir, anda bisa gunakan bahan alami seperti alpukat, timun atau tomat. Gunakan sebagai kompres mata atau haluskan kemudian oleskan di sekitar mata.

  1. Gunakan SPF

Satu hal yang tidak bisa anda abaikan ialah pilihlah produk kosmetik atau perawatan kulit yang mengandung SPF, agar bisa terlindungi dari paparan sinar matahari yang akan makin merusak kulit. Pastikan terdapat SPF pada pelembab, bedak, body lotion dan lipstik yang anda pakai.


  1. Tidurlah Yang Cukup

Pastikan anda cukup tidur karena tidak ada satupun produk perawatan kecantikan yang mampu menggantikan fungsi dari tidur yang berkualitas bagi kulit. Perlu diingat bahwa sel kulit akan melakukan regenerasi di malam hari saat kita tidur dimana di saat itu juga kolagen diproduksi.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar