5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Perbaikan Pola Hidup

5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Perbaikan Pola Hidup

Banyak hal yang memicu peningkatan berat badan pada seseorang. Jika masih dalam tahap wajar, mungkin hal ini tidak terlalu masalah. Namun jika sampai membuat baju-baju Anda tidak muat, susah dalam bergerak, bahkan sampai terjadi gejala penyakit tertentu, maka Anda perlu segera mengambil program diet.

Diet? Jangan bergidik ngeri terlebih dahulu mendengar kata tersebut. Pada banyak kasus, peningkatan berat badan dipicu oleh gaya hidup yang buruk. Oleh karena itu, diet tidak melulu soal pantang makan ini dan itu. Membentuk kebiasaan hidup yang lebih baik dan teratur juga merupakan bagian dari diet. Lalu, apa saja pola hidup yang perlu diperbaiki untuk mendapatkan kembali berat badan yang ideal? Silahkan simak ulasan di bawah ini!

  1. Komitmen yang Kuat Untuk Menurunkan Berat Badan


Cara ini sengaja diletakkan pada poin paling awal karena poin ini merupakan pondasi dari semua poin yang akan dibahas. Komitmen yang kuat akan membuat Anda konsisten dan pantang menyerah sebelum berhasil. Jika Anda tidak memiliki komitmen yang kuat, bisa jadi Anda sangat berapi-api dalam menjalankan program di minggu pertama, lalu sedikit menurun pada minggu kedua, dan hilang sama sekali pada minggu berikutnya. Jika kondisinya seperti ini, mana mungkin Anda bisa sukses menurunkan berat badan? Itulah mengapa komitmen sangat diperlukan.

  1. Jangan Melewatkan Sarapan


Banyak orang yang sedang menjalani program diet malah melewatkan sarapan. Tahukah Anda bahwa cara ini sebenarnya salah. Sarapan sangatlah penting karena energi untuk beraktivitas seharian diperoleh dari sarapan. Menghindari sarapan akan membuat Anda tidak fokus dalam menjalankan aktivitas sehingga dapat menurunkan produktivitas Anda. Bahkan, melewatkan sarapan dapat membuat diet Anda kacau balau karena bisa jadi Anda makan dengan kalap pada siang hari. Maka dari itu, rutinlah sarapan pada pagi hari dengan telur rebus, susu rendah lemak, selembar roti, buah pisang, dan atau jus buah.

[caption id="attachment_2188" align="aligncenter" width="640"]Cara menurunkan berat badan Cara menurunkan berat badan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Makan Teratur


Untuk menjalankan program diet yang sukses, bukan melewatkan jam-jam makan yang semestinya. Anda justru harus menepati jam-jam makan seperti biasa dan menghindari makan di luar jam-jam yang telah ditentukan. Mengonsumsi makanan dengan waktu yang tidak teratur cenderung akan membuat Anda semakin lapar dan makan secara berlebihan. Konsumsi makanan berupa karbohidrat, sayur, buah, protein, dan hindari makanan tinggi gula, tinggi kalori, tinggi lemak, dan tinggi garam. Ganti dengan makanan yang mengandung serat dan protein tinggi.

  1. Cukup Waktu untuk Tidur


Ternyata, kurang tidur juga dapat memicu peningkatan berat badan. Mengapa? Hal ini disebabkan karena tubuh akan memproduksi Hormon Ghrelin ketika Anda kurang tidur. Hormon ghrelin merupakan hormon yang akan memicu peningkatan nafsu makan. Dengan meningkatnya nafsu makan, maka otomatis akan terjadi peningkatan berat badan jika tidak diimbangi dengan banyak aktivitas. Tidak hanya sampai disitu, kurang tidur menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh. Hal ini menyebabkan banyak zat-zat makanan yang gagal diubah menjadi energi dan justru disimpan dalam bentuk lemak.

  1. Bergerak Aktif


Poin terakhir yang akan dibahas ialah hal yang sering menjadi penyebab kegemukan di zaman modern seperti sekarang ini. Kecanggihan teknologi dan komunikasi membuat orang menjadi lebih pasif. Di sisi lain, semakin banyak makanan enak tinggi kalori dan tinggi lemak, serta rendah serat. Hal inilah yang menjadi penyebab obesitas dimana kalori yang masuk jauh lebih besar dibandingkan kalori yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, disarankan agar melakukan gerakan aerobik, contoh berjalan, berlari, bersepeda, dan berbagai aktivitas fisik lainnya setidaknya 150 menit per hari. Anda bisa meningkatkan jenis aktivitas dan frekuensinya jika ingin berat badan turun lebih cepat.

Demikianlah sekelumit tips untuk menurunkan berat badan dengan memperbaiki pola hidup. Semoga bermanfaat!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar