5 Cara Jitu Menghilangkan Bau Mulut

5 Cara Jitu Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut, atau yang dikenal dengan istilah Halitosis merupakan masalah yang sering diderita oleh banyak orang. Masalah ini dapat menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang. Tidak main-main, masalah yang mungkin sering disepelekan ini bisa menghambat karir, menghambat pergaulan, dan menimbulkan banyak masalah lain. Masalah kebersihan gigi, lidah, dan gusi sering menjadi penyebab dari bau mulut. Namun masalah lain seperti penyakit gigi dan gusi, penyakit sistemik, merokok, dan mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan bau mulut.

Karena banyak kerugian yang ditimbulkan oleh bau mulut, maka jika Anda mengalami masalah ini, Anda harus segera mengatasinya. Menghilangkan bau mulut, terutama yang disebabkan karena kurangnya kebersihan pada rongga mulut bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Apa saja cara-cara tersebut? Silahkan simak pembahasan di bawah ini!

[caption id="attachment_2374" align="aligncenter" width="640"]Cara menghilangkan bau mulut tak sedap Cara menghilangkan bau mulut tak sedap (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Cara Mengatasi Bau Mulut



  1. Rajin Sikat Gigi


Cara pertama ini mungkin terdengar klasik dan semua orang pasti tahu. Namun demikian, banyak yang keliru menerapkan sikat gigi sebagai upaya dalam membersihkan rongga mulut.

Waktu sikat gigi yang paling baik yakni setelah sarapan dan sebelum tidur. Jangan biarkan sisa-sisa makanan lama mengendap dalam mulut yang akan mengakibatkan pembusukan dan juga kerusakan gigi.

Untuk semakin memantapkan pembersihan kotoran pada gigi dan gusi, Anda bisa melakukan flossing satu kali dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan plak dan sisa makanan yang tersangkut di celah-celah gigi dan tidak terjangkau dengan pembersihan dengan sikat gigi.

  1. Pembersihan Lidah


Tak hanya gigi dan gusi, lidah juga merupakan bagian yang penting untuk selalu dijaga kebersihannya. Sudah banyak alat pembersih khusus lidah yang beredar di pasaran. Atau Ada juga bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut atau kassa.

  1. Pemakaian Obat Kumur


Rutin menggunakan obat kumur bisa mengatasi masalah bau mulut yang Anda alami. Gunakan obat kumur yang mengandung bahan anti bakteri. Bahan anti bakteri yang dinilai paling bagus untuk memberantas bakteri jahat pada mulut yakni chlorexidine.

Ada baiknya sebelum menggunakan obat kumur Anda, berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter pribadi Anda. Hal ini guna menghindari efek negatif yang mungkin ditimbulkan dari bahan kimia pada obat kumur yang Anda guankan.

  1. Penanganan Kerusakan Gigi


Gigi menjalankan fungsi yang cukup berat untuk keberlangsungan hidup Anda, karena ia menjadi ujung tombak dari sistem pencernaan. Maka dari itu, wajar saja jika kemudian ia mengalami beberapa gangguan, misalnya gigi berlubang atau karang gigi. Kedua jenis kerusakan gigi ini dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada mulut, karena sisa-sisa makanan berpotensi besar untuk menempel pada karang dan gigi yang berlubang. Oleh karena itu, segera lakukan penambalan gigi dan scaling untuk pembersihan karang gigi.

  1. Konsultasi Dengan Dokter


Jika setelah berbagai cara Anda lakukan untuk memberantas bau mulut yang tidak sedap, namun belum membuahkan hasil, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi untuk memeriksa jangan-jangan ada yang salah pada rongga mulut Anda. Jika rongga mulut Anda dalam keadaan baik dan bersih, mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan dokter umum, jangan-jangan penyebabnya berkaitan dengan penyakit sistemik, seperti penyakit pada saluran pencernaan atau pernafasan.

Demikianlah beberapa cara sederhana untuk menghilangkan bau mulut. Semoga tips tentang 5 cara jitu menghilangkan bau mulut ini bermanfaat. Salam
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar