4 Tips Pengenalan Mpasi untuk Bayi

4 Tips Pengenalan Mpasi untuk Bayi

Seorang bayi umumnya memiliki perkembangan yang sangat cepat. Mulai dari umur 1 minggu bahkan tak terasa tiba–tiba telah mencapai usia hampir 6 bulan. Tentunya setelah 6 bulan bayi diwajibkan memiliki nutrisi yang lebih yaitu, bukan hanya mengonsumsi susu seperti biasanya, namun juga inilah tahap dimana ia mencoba makan untuk pertama kalinya. Maka untuk para ibu yang akan mempersiapkan makanan terbaik untuk bayinya diperlukan tips–tips sebagai berikut :

  1. Memilih bahan makanan.


Pilihlah buah–buahan dan sayuran organik yang terbaik karena buah–buahan dan sayuran organik tidak mengandung banyak pestisida. Jangan lupa untuk mencucinya dengan bersih dan untuk buah-buahan sebaiknya dikupas dahulu sebelum dikonsumsi si bayi. Karena bayi belum bisa mencerna seratnya dengan baik. Buah yang baik untuk bayi umumnya ialah pisang, jeruk, pir, apel, dan alpukat. Sedangkan sayurnya ialah wortel, ubi jalar, kentang dan labu kuning.

[caption id="attachment_2181" align="aligncenter" width="640"]Pengenalan Mpasi untuk Bayi Pengenalan Mpasi untuk Bayi Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Alat–alat yang diperlukan.


Alat–alat yang dibutuhkan untuk mengolah makanan pertama pada bayi ialah :

  • Blender digunakan untuk menghaluskan bahan makanan.

  • Panci kecil, untuk mengukus makanan.

  • Pisau, talenan, dan spatula, tentu alat–alat ini digunakan untuk memotong bahan–bahan makanan si bayi.



  1. Cara mengolah bahan makanan.


Bahan–bahan makanan yang terbuat dari sayuran dan buahan tersebut tidak bisa langsung dikonsumsi begitu saja oleh si bayi. Pada umumnya si bayi harus melalui beberapa tahap pengenalan mpasi secara bertahap. Misalnya pada tahap pertama ia hanya diberikan makanan bertekstur lunak seperti bubur susu (bubur beras yang dicampur susu), kemudian nasi tim saring, nah pada tahap ini nasi tim dapat dicampur dengan sayuran. Kenalkan satu persatu sayuran dahulu kepada bayi agar lambungnya tidak kaget sehingga mengalami diare. Namun bila ia bisa mengonsumsi berbagai jenis sayuran secara bersamaan dan pengaruhnya tak bermasalah pada si bayi, maka cara itu boleh dianjurkan. Untuk buahnya dapat dihaluskan seperti membuat jus pada biasanya, namun buah tersebut harus benar–benar halus agar dapat dicerna dengan baik oleh si bayi.

  1. Jangan lupa perhatikan kebutuhan nutrisi selalu untuk perkembangannya.


Makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral sangat penting untuk tumbuh kembang bayi.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar