4 Tips menjaga kesehatan gigi dengan mudah

4 Tips menjaga kesehatan gigi dengan mudah

Mempunyai gigi yang kuat merupakan impian setiap orang. Gigi sangat berperan penting dalam sistem pencernaan makanan ke dalam usus. Namun masih banyak orang yang terkadang tidak memperhatikan kesehatan giginya.

Banyak orang yang mengalami masalah dengan gigi, maka dari itu kita sangat perlu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi agar terhidar dari masalah penyakit pada gigi. Gigi yang sehat ialah gigi yang terbebas dari lubang dan bercak hitam pada gigi. Selain itu, jika kita memiliki gigi yang bersih membuat kita lebih percaya diri jika tersenyum.

Ada berbagai tips menjaga kesehatan gigi dengan mudah


[caption id="attachment_2248" align="aligncenter" width="630"]Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Menyikat gigi dengan rutin


Biasakan untuk rajin menyikat gigi minimal 2 kali sehari atau setelah makan, supaya sisa makanan tidak mengumpul di sela-sela gigi.

  1. Rutin berkumur


Setelah menyantap makanan biasanya kita lupa untuk berkumur apalagi untuk menggosok gigi setelah makan. Di dalam agama islam kita dianjurkan untuk berwudhu sebelum menjalankan shalat 5 waktu, sebelum membasuh muka tentu berkumur terlebih dahulu. Jadi sangat bagus sekali jika kita berkumur 5 kali dalam sehari.

  1. Hidari merok*k


Kegiatan merok*k sangat umum dilakukan dan sangat sulit untuk ditinggalkan. Seperti yang kita ketahui, merokok sangat berbahaya bagi kesehatan jantung dan juga dapat menyebabkan banyak penyakit lainnya, dan ternyata merok*k juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Untuk menghindari gigi menjadi kuning tentu dianjurkan untuk berhenti merok*k.

  1. Hindari makanan manis


Hindari makanan manis, karena makanan yang mengandung gula berlebih tidak baik untuk kesehatan gigi. Makanan manis dapat mengendap di sela-sela gigi dan akan memicu berkembangbiaknya bakteri di dalam gigi dan mulut, sehingga menyebabkan gigi berlubang maupun gigi keropos. Untuk menghindari makanan manis, sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung nilai kalsium tinggi seperti brokoli, alpukat dan jenis kacang-kacangan untuk membantu menjaga kesehatan gigi anda.

Beberapa tips di atas bisa anda terapkan di rumah dan kehidupan sehari-hari. Dengan gigi yang sehat dan bersih akan membuat anda lebih percaya diri dan menarik. Karena bagian depan, seperti wajah merupakan bagian yang sering diperhatikan oleh orang lain. Maka rawatlah gigi anda dengan baik dan teratur untuk hasil yang memuaskan.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar