4 Tips Menghadapi Stres Berkepanjangan

4 Tips Menghadapi Stres Berkepanjangan

Stres pada umumnya banyak dihadapi oleh orang dewasa. Berbagai masalah dalam hidup yang selalu datang dan tak kunjung selesai, selalu membuat pikiran menjadi kacau.

Stres pada umumnya timbul akibat masalah pribadi seperti perceraian, penyakit serius, dan kematian seseorang. Namun terkadang tubuh juga bereaksi terhadap masalah yang lebih ringan seperti masalah keuangan, tenggat pekerjaan, kerumunan orang, kebisingan, dan kemacetan. Hal ini jika dibiarkan berlangsung terlalu lama, maka akan mengakibatkan organ tubuh seperti jantung, pembuluh darah, kelenjar adrenalin, dan sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu. Namun ada cara untuk menghadapi stres itu sendiri :

  1. Jika stress berasal dari tekanan pekerjaan atau tempat kerja, maka cobalah untuk mengatur waktu jam kerja tidak sepadat seperti biasanya. Jangan terlalu memikirkan pekerjaan terlalu berat, dan cobalah untuk menikmati minuman kesukaan anda saat sedang bekerja untuk membuat perasaan menjadi rileks dan tenang. Saat pulang dari bekerja luangkanlah waktu untuk berkumpul bersama keluarga atau teman, dan tetangga sekitar rumah untuk mengobrol santai, sehingga pikiran tentang pekerjaan akan mereda dan segar kembali.

  2. Pergaulan yang tidak baik terkadang juga dapat menimbulkan stres, karena pergaulan merupakan bentuk sekumpulan orang–orang yang memiliki watak berbeda–beda. Maka hindarilah pergaulan yang negatif dan carilah teman atau sekumpulan orang orang yang dapat membawa kita ke arah yang positif. Namun jika sudah terlanjur masuk ke dalam pergaulan yang tidak baik, cobalah hindari sebelum terlambat.

  3. Suasana hati dan mood yang tidak baik terkadang juga dapat membuat stres muncul. Dan hal yang dapat mengubahnya menjadi lebih baik kembali yaitu sering–seringlah melakukan hobi, ataupun mendengarkan musik yang disukai. Hal itu dapat membantu menyenangkan kembali isi hati sehingga dapat membuat mood kita bersemangat lagi dalam menjalankan aktivitas.

  4. Ada juga berbagai kegiatan lainnya yang sangat efektif menghilangkan stres, misalnya mandi atau berendam, melakukan meditasi, spa, aroma terapi, berteriak lepas, olahraga atau bisa juga melakukan rekreasi ke tempat yang kita inginkan. Namun jika stres itu diakibatkan oleh masalah yang berat mengenai keluarga, keuangan maupun penyakit serius yang sedang dihadapi, ada baiknya bila kita berkomunikasi atau berkonsultasi dengan orang terdekat untuk menemukan solusi bersama. Maka beban dalam pikiran pun akan berkurang karena kita telah mau berbagi dengan orang lain. Sehingga stres tidak akan terjadi berlarut–larut lagi. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan mengingat Tuhan agar permasalahan hidup dan stres tidak selalu mengganggu kehidupan kita dalam menjalankan aktivitas.


[caption id="attachment_2232" align="aligncenter" width="640"]Cara mengatasi stres dan depresi Cara mengatasi stres dan depresi (Ilustrasi/pixabay)[/caption]


Demikianlah Cara mengatasi stres dan depresi, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar