3 Cara Ampuh Mengatasi HP Android yang Mati Total

3 Cara Ampuh Mengatasi HP Android yang Mati Total

Perkembangan sistem teknologi dan informasi yang pesat akhir-akhir ini berdampak pada model komunikasi yang dilakukan masyarakat. Saat ini, hampir semua orang menggunakan smartphone berbasis android sebagai alat komunikasi. Fitur yang ditawarkan oleh android sangat memudahkan dan memanjakan para penggunanya. Sistem Android banyak menggunakan aplikasi yang bersifat open source yang berasal dari Google.  Namun di balik banyak kecanggihan dan kemudahan yang ditawarkan, sistem Android tidak serta merta bebas dari masalah. Salah satu masalah yang seringg muncul ialah HP tiba-tiba mati total.

Permasalahan dimana HP Android tiba-tiba mati total sangat sering terjadi. Kebanyakan pengguna smartphone biasanya langsung membawa HPnya ke konter ketika masalah ini terjadi. Padahal, jika kerusakan tidak parah, hal ini bisa diatasi sendiri dan Anda bisa menghemat anggaran. Pada kesempatan ini, akan dibahas bagaimana cara untuk mengatasi smartphone android yang mati total. Bagaimana caranya? Silahkan simak pembahasan di bawah ini!

[caption id="attachment_2171" align="aligncenter" width="640"]Cara menghidupkan hp yang mati total Cara menghidupkan hp yang mati total (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Cara Mengatasi HP Android yang Mati Total



  1. Melepaskan Semua Komponen Android


Jika tiba-tiba Android Anda mati total, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah melepaskan semua komponen HP. Komponen tersebut antara lain baterai, kartu SIM, micro SD, dan komponen lain yang bisa dilepas. Diamkan HP Anda selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah, maka pasang kembali semua komponen yang tadi Anda lepas dan kemudian nyalakan smartphone Anda. Jika perangkat Android bisa menyala, maka segera lakukan flashing. Namun jika cara ini belum berhasil, coba terapkan langkah kedua.

  1. Menyambungkan Smartphone dengan Komputer


Cara pada poin kedua ini bisa Anda lakukan jika sebelumnya Anda telah melakukan cara pada poin pertama namun belum berhasil. Lepas semua komponen smartphone dan sambungkan dengan komputer. Untuk menyambungkan perangkat android dengan komputer, gunakanlah kabel USB. Tekan tombol power, volume down, dan volume up dalam waktu bersamaan sampai terdengar suara ”beep” pada perangkat komputer Anda. Namun jika tetap tidak terdengar suara tersebut, maka tekan kembali ketiga tombol secara bersamaan sekitar satu sampai tiga menit. Jika berhasil, pasang kembali semua komponen dan nyalakan HP. Kemudian lakukan flashing sesegera mungkin. Namun jika cara ini belum berhasil juga, jangan menyerah. Mungkin masalah pada software Anda sedikit rumit sehingga Anda harus melakukan langkah pada poin ketiga.

  1. Menggunakan program ”One Click Unbrick”


Jika kedua cara di atas tidak berhasil, tenang saja, Anda masih punya 1 harapan lagi sebelum membawanya ke konter reparasi handphone. Caranya yakni dengan menggunakan aplikasi One Click Unbrick yang diinstal di komputer Anda. Sambungkan HP dengan komputer lalu buka softwarenya. Klik unsoft brick dan tunggu hingga muncul pesan error. Setelah itu, pilih Resolution Center dan klik Extract Curent Folder pada bagian folder heimdall.

Setelah itu, copy file one click unbrick dan one click loader pada folder heimdall. Klik kanan pada bagian one click loader, dan klik run as administrator. Klik menu unsoft brick dan akan muncul pesan error. Restart komputer dan lepaskan komponen android seperti kabel USB, baterei, SIM card, dan Micro SD. Setelah 15 menitan, pasang kembali semua komponen smartphone dan nyalakan. Tekan tombol home, power, dan volume bagian bawah untuk flashing.

Demikianlah cara sederhana untuk mengatasi HP Android yang mati total akibat terjadi trobel pada softwarenya. Jika sampai poin ketiga smartphone Anda belum mau menyala, maka segeralah bawa ponsel android Anda ke reparasi HP, barangkali ada masalah serius pada android Anda. Selamat mencoba!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar