Tips Makan Tanpa Takut Gemuk

Tips Makan Tanpa Takut Gemuk

Saudara, memiliki tubuh sehat dengan berat badan ideal memang membutuhkan usaha dan kerja keras. Sebelum berangkat ke kantor atau setelah pulang kantor kita harus menyisihkan waktu untuk membakar kalori berlebih dari dalam tubuh. Tetapi tidak semua pekerja dapat tekun melakukan olahraga. Akhirnya kebanyakan pekerja yang duduk di belakang meja, memiliki kelebihan berat badan yang bertumpuk di daerah perut.

Hal selanjutnya yang terkadang menjadi masalah ialah mengatur pola makan. Kebanyakan kaum wanita yang sering melakukan diet ketat. Ketakutan akan kenaikan berat badan yang berlebih malah akhirnya membuat timbulnya penyakit seperti anemia, tekanan darah rendah dan nyeri pada lambung.

[caption id="attachment_1971" align="aligncenter" width="635"]Makan Tanpa Takut Gemuk Makan Tanpa Takut Gemuk (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Tetapi kini anda sudah tidak perlu kuatir lagi mengatur pola makan atau jam berolahraga. Ada beberapa Tips Makan Tanpa Takut Gemuk yang menjadi solusi. Mari kita simak dan aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Minum air mineral


Di saat anda merasakan lapar yang sangat, sebaiknya minumlah segelas air mineral terlebih dahulu. Tunggulah beberapa saat baru kemudian setelah rasa lapar mulai berkurang anda dapat mengambil makanan dan mengonsumsinya.

2. Biasakan Makan Sering dengan porsi kecil


Untuk anda yang memiliki kebiasaan makan, biasanya mudah merasakan lapar. Untuk mensiasatinya, anda dapat mengonsumsi makanan dengan porsi kecil tetapi sering. Hal ini akan menstimulasi otak anda dan lambung. Kebiasaan makan sering dengan porsi kecil akan membuat anda mudah kenyang. Gunakan piring berukuran kecil saat makan juga akan menstimulasi otak agar merasa cepat kenyang.

3. Makan makanan rendah gula, garam dan minyak


Konsumsi kue dan camilan di saat anda lapar merupakan hal yang menyenangkan. Lidah yang merasakan enaknya rasa manis, akan membuat anda semakin ketagihan. Untuk itu, sediakan camilan yang rendah gula, garam dan minyak agar lidah anda tidak terlalu termotivasi merasakan rasa gurihnya makanan. Ingatlah bahwa kelebihan gula, garam dan minyak akan membawa dampak buruk bagi kesehatan.

4. Sarapan Pagi, Siang dan Malam dengan gizi seimbang


Sebaiknya anda membiasakan makan minimal tiga kali sehari. Agar lambung kita tidak mengalami luka. Bagi anda yang terbiasa melakukan diet ketat jangan terlalu kuatir, berat badannya akan melonjak naik. Karena pola makan yang teratur dengan porsi kecil dan gizi seimbang tidak akan membuat anda mengalami obesitas.

5. Berjalan atau Berdiri Setelah Makan


Bila anda seorang pekerja, terkadang tidak sempat melakukan aktivitas olahraga. Untuk  mensiasatinya, setelah makan sebaiknya anda tidak duduk. Setelah makan siang, biasakan berjalan keliling di sekitar area kantor atau berkomunikasi dengan rekan lain sambil berdiri, hal ini akan membuat makanan yang baru saja anda konsumsi tidak menumpuk di perut. Sehingga lingkar pinggang anda tidak akan bertambah besar. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar