Tetap Bekerja Saat Hamil? Lakukan 6 Tips Ini Agar Kandungan Anda Tetap
Terjaga

Tetap Bekerja Saat Hamil? Lakukan 6 Tips Ini Agar Kandungan Anda Tetap Terjaga

Jumlah wanita karir di Indonesia tidak bisa dikatakan sedikit. Mereka tetap mempertahankan statusnya sebagai wanita karir, bahkan saat  mereka sudah menikah. Namun demikian, mereka tetap bekomitmen untuk mengurus keluarga. Wanita karir yang sudah berkeluarga merupakan wanita hebat mengingat tanggung jawabnya tentu berlipat-lipat. Terlebih saat  hamil, mereka juga tetap dituntut untuk melakukan tanggung jawabnya.

Namun demikian, banyak perubahan yang terjadi pada fisik, fisiologi, dan psikis seorang Ibu hamil yang membatasinya dalam berkegiatan. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips agar tetap sehat dan bugar meskipun tetap bekerja dalam keadaan hamil. Ingin tahu apa saja tipsnya? Silahkan simak ulasan di bawah ini!

  1. Kenakan Pakaian Yang Nyaman


Seiring dengan perubahan fisik yang terjadi, tentunya Anda perlu melakukan perombakkan pada pakaian kerja Anda. Hal ini demi membuat Anda tetap nyaman saat bekerja. Kenakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat misalnya bahan-bahan katun. Jangan mengenakan pakaian yang ketat atau tidak menyerap keringat sehingga memungkinkan Anda mengalami iritasi di bagian perut.

[caption id="attachment_2008" align="aligncenter" width="635"]Cara menjaga kandungan agar tetap sehat Cara menjaga kandungan agar tetap sehat (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Hindari Menggunakan Heels


Hak tinggi merupakan sepatu yang banyak difavoritkan oleh para wanita karir. Selain bisa membuat penampilan mereka lebih jenjang, high heels juga membuat  penampilan Anda menjadi lebih elegan. Namun demikian, saat hamil hindarilah mengenakan sepatu atau sandal dengan hak tinggi.

Alasan pertama karena sepatu jenis ini akan mengganggu keseimbangan Anda dan meningkatan risiko terjatuh. Hal ini dapat menyebabkan terganggunya proses kehamilan dengan risiko terburuk yakni keguguran. Selain itu, perubahan fisik saat hamil menyebabkan badan seorang Ibu hamil lebih condong ke depan. Sementara, high heels membuat penggunanya mencondongkan badan ke arah depan. Maka dari itu, jika mereka menggunakan sepatu hak tinggi tentu akan menyebabkan beban menjadi 2 kali lebih besar ke arah depan.  Hal ini akan membuat otot pinggang dan punggung menjadi tegang dan akhirnya sering terasa sakit atau pegal.

  1. Sesuaikan Ruang Kerja Anda


Menyesuaikan ruang kerja yang dimaksud di sini misalnya ialah melakukan pengaturan meja dan kurrsi kerja sehingga Anda akan tetap merasa nyaman meskipun terlalu lama duduk. Dengan pengaturan meja kerja yang pas, maka Anda akan terhindar dari risiko jari yang pegal atau tiba-tiba mati rasa.

  1. Jangan Lupa Beristirahat


Melakukan kegiatan yang monoton tentu akan sangat melelahkan bagi Ibu hamil. Untuk menjaga kehamilan Anda, sebaiknya segeralah beristirahat ketika benar-benar lelah. Jangan pernah memaksakan diri untuk terus bekerja dalam keadaan sangat lelah. Anda bisa berisitirahat dengan cara melakukan peregangan otot ringan seperti menggerak-gerakan dan meluruskan kaki, mengangkat kaki, dan berdiri.

  1. Hindari stres


Kita hampir tidak mungkin untuk terlepas dari stres dalam pekerjaan. Untuk itu, agar kandungan Anda tetap terjaga, pandai-pandailah untuk mengelola dan mengendalikan stres. Anda bisa mencoba mengikuti yoga, latihan peregangan dan juga pernafasan.

  1. Konsumsi Makanan Sehat


Hal terakhir yang perlu dilakukan untuk menjaga kehamilan Anda meskipun harus bekerja ialah dengan mengonsumsi makanan sehat. Perbanyak makan buah dan sayur, serta konsumsi air putih. Hindari mengonsumsi kopi dan minuman beralk**ol. Makanlah dengan gizi seimbang. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi, berkolestrol, dan makanan yang terlalu  manis.

Demikianlah tips menjaga kandungan selama bekerja. Semoga Anda dan bayi tetap dalam keadaan sehat. Salam
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar