Rahasia Cara Membuat Kopi Harum dan Nikmat

Rahasia Cara Membuat Kopi Harum dan Nikmat

Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari oleh semua usia terutama orang dewasa. Minum kopi sambil membaca koran di pagi hari sebelum berangkat kerja atau di sore hari, saat berkumpul bersama anggota keluarga sambil menikmati kopi merupakan hal yang menyenangkan.

Tahukah anda bahwa rajin minum kopi dapat membantu anda berpikir dan mengurangi stres? Kopi yang tidak mengandung campuran atau kopi asli merupakan jenis kopi yang disarankan bagi kesehatan, karena berguna untuk memelihara kesehatan jantung, juga meningkatkan konsentrasi saat bekerja atau berpikir.

[caption id="attachment_1995" align="aligncenter" width="525"]Cara membuat secangkir kopi enak Cara membuat secangkir kopi enak (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Kopi yang nikmat ialah kopi yang memiliki aroma harum khas dan memiliki kekentalan yang pas. Rahasianya, gunakan takaran yang pas. Idealnya, di dalam membuat satu cangkir berukuran 150 ml, anda sebaiknya membubuhi 10 gr bubuk kopi. Atau, bila anda suka kopi yang pekat, anda dapat menambah bubuk kopi pada cangkir anda.

Dalam menyeduh kopi, sebaiknya anda menggunakan air mendidih yang bersih, lalu diamkan sekitar satu menit sebelum kopi diminum.

Bagi anda yang memiliki citarasa tinggi tentu sudah mengetahui bahwa kopi beraroma terbaik terbuat dari biji kopi segar yang digiling sendiri, langsung sebelum kita menyeduh dan menikmatinya. Alat penggiling kopi yang kita pakai juga mempengaruhi kualitas kopi yang kita nikmati. Semakin alami alat yang digunakan untuk menggiling kopi, semakin baik kopi yang dihasilkan. Juga semakin halus kopi digiling, semakin nikmat kopi yang terasa di lidah anda. Anda juga bisa mencampurkan beberapa ekstrak kopi dalam sebuah hidangan kopi untuk menambah kekayaan citarasa kopi.

Namun bagi anda yang sibuk dan tidak memiliki alat khusus untuk menggiling biji kopi, anda dapat menyeduh kopi instan yang banyak dijual di warung atau pasar. Tuangkan satu sachet kopi instan dalam sebuah cangkir kecil bersama 150 ml air mendidih. Bila anda ingin menambah kepekatan kopi, anda dapat menambah jumlah kopi. Tapi tentunya harus diingat bahwa kopi yang tercampur gula sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi karena  berpengaruh kurang baik bagi kesehatan anda.

Selain kopi murni anda juga dapat menambah susu cair dan es ke dalam racikan kopi anda. Berbagai variasi dapat anda ciptakan agar anda tidak merasa bosan dengan kopi yang rasanya sama.(SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar