Hobi Makan Tapi Takut Gemuk? Ikuti 6 Tips Sederhana Ini

Hobi Makan Tapi Takut Gemuk? Ikuti 6 Tips Sederhana Ini

Berat badan merupakan salah satu poin penampilan yang selalu diperhatikan, terutama oleh wanita. Maka dari itu, tak heran jika banyak diantara kaum hawa yang rela menahan diri dengan mengonsumsi sedikit makanan. Hal ini jelas sangat menyiksa terutama bagi Anda yang doyan makan atau ngemil. Sebenarnya, Anda tidak perlu seekstrim itu untuk menjaga berat badan ideal asalkan tahu tips dan triknya.

Dengan menjalankan tips ini, Anda tidak perlu menahan diri terlalu ketat dari makanan-makanan enak. Apa saja tipsnya ? Simak ulasan di bawah ini!

  1. Jangan langsung Tidur Usai Menyantap makanan


Hal pertama yang harus menjadi pantangan Anda ialah tidur usai makan. Berikanlah jeda dua hingga empat jam antara makan dan tidur agar makanan yang Anda konsumsi dapat tercerna dengan baik. Rasa kantuk setelah makan memang wajar terutama setelah Anda makan sampai kenyang. Untuk itu ikutilah nasehat lama ini yakni, “makanlah sebelum lapar, dan berhentilah sebelum kenyang. “

[caption id="attachment_1945" align="aligncenter" width="635"]Cara makan banyak tapi tidak gemuk Cara makan banyak tapi tidak gemuk (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Perhatikan Asupan Makanan Anda


Jika Anda sarapan dengan roti isi daging, kemudian makan siang dengan spagety, pulang kerja jajan gorengan dan minuman manis, wajar saja bila berat badan Anda terus meningkat. Meskipun Anda doyan sekali makan, perhatikan apa saja makanan yang sudah masuk ke tubuh Anda hari ini. Misalnya Anda sudah makan siang dengan rendang dan minum teh manis, hindari camilan goreng-gorengan di sore hari. Ganti dengan konsumsi buah-buahan favorit yang lebih menyehatkan dan dapat mengontrol berat badan.

  1. Biasakan Sarapan


Menjaga berat badan bukan berarti harus melewatkan waktu makan di saat-saat tertentu. Melewatkan waktu sarapan karena ingin tetap langsing merupakan langkah yang keliru. Tetaplah sarapan dengan porsi yang normal di pagi hari. Melewatkan sarapan dapat membuat Anda makan dengan kalap di siang dan sore hari. Selain itu, tidak sarapan akan membuat metabolisme tubuh dalam mencerna makanan menjadi lambat sehingga Anda mudah gemuk.

  1. Perbanyak Aktivitas Fisik


Kehidupan yang serba modern sering membuat orang menjadi malas untuk bergerak. Padahal, jika Anda doyan makan namun tidak ingin gemuk, bergerak merupakan solusinya. Imbangi kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui bergerak dan beraktivitas. Anda bisa jalan-jalan dan bersepeda di sore hari, joging, bermain bulu tangkis dan permainan ringan lainnya bersama teman-teman, atau sekedar senam.

  1. Konsumsi Teh Hijau


Untuk mengimbangi aktivitas fisik, Anda dapat mengonsumsi teh hijau. Teh hijau dapat menghancurkan lemak-lemak jahat yang terdapat dalam tubuh. Selain untuk menjaga berat badan agar tetap stabil, konsumsi teh hijau juga sangat baik untuk kesehatan, misalnya sebagai anti aging dan mencegah kepikunan. Namun, Anda tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi teh ini karena dapat menyebabkan gangguan produksi asam lambung dan insomnia jika dikonsumsi berlebihan.

  1. Hindari begadang


Jika Anda sering begadang, hingga larut malam atau bahkan menjelang pagi, sebaiknya Anda hentikan kebiasaan tersebut. Begadang akan membuat Anda merasa lapar di malam hari yang membuat Anda akhirnya ngemil di waktu yang tidak diperbolehkan. Selain itu, sering begadang akan membuat kadar insulin dalam darah menurun. Hal ini akan membuat cadangan lemak tubuh semakin menumpuk. Alhasil, Anda akan menjadi gemuk.

Cukup mudah bukan kiat-kiat untuk menjaga berat badan ideal meskipun hobi makan? Semoga tips ini bermanfaat dan ucapkan selamat tinggal pada diet ketat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar