9 Tips Kesehatan Hebatnya Mengonsumsi Si Pedas Cabai

9 Tips Kesehatan Hebatnya Mengonsumsi Si Pedas Cabai

Kesehatan kita merupakan hal penting yang tentunya harus tetap terjaga. Untuk menjaga kesehatan tentunya kita harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan dapat membantu meningkatkan antibodi.

Tahukah anda, di sekitar kita banyak terdapat sayur dan buah yang manfaatnya sangat besar bagi kesehatan tubuh. Misalnya tomat sebagai anti kanker prost*t, jahe sebagai penghangat tubuh, timun sebagai obat nyeri kembung dan sebagainya.

[caption id="attachment_2139" align="aligncenter" width="640"]Manfaat cabe untuk kesehatan Manfaat cabe untuk kesehatan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Kali ini kita akan bahas kegunaan dari cabai yang gunanya cukup banyak bagi kita dan tentunya mudah kita jumpai dan kita konsumsi.

1. Sebagai Penghangat Tubuh dan Pencegah Flu.


Cabai bersifat panas karena mengandung Capcaisin yang rasanya pedas. Rasa pedas pada bagian tengah dan biji cabai dapat menghangatkan tubuh. Bagi anda yang sering terkena flu, mengonsumsi cabai dapat menghangatkan dan meningkatkan imunitas tubuh karena kandungan vitamin C pada cabai 2x dari buah jeruk.

2. Cabai Mengandung Zat Karsiogenik.


Mengonsumsi cabai secara teratur dapat mengurangi dan menghindari kita dari tumbuhnya sel kanker. Terbukti dengan jarangnya penderita kanker di daerah yang menu masakannya rata-rata pedas seperti di India dan Padang Indonesia.

3. Cabai bersifat analgesik.


Cabai bila kita konsumsi bisa berfungsi sebagai analgesik atau pereda rasa nyeri. Rasa pedas yang timbul pada lidah akan mengirim impuls ke otak untuk mengeluarkan endorphin, zat yang bersifat meredakan nyeri pada tubuh.

4. Cabai mengandung vitamin B, Riboflavin dan Niasin yang dapat menghindarkan kita dari migrain (sakit kepala sebelah).


5. Anti Bengkak


Mengonsumsi cabai dapat mempercepat penyembuhan bila kita mengalami pembengkakan pada tubuh.

6. Pencegah Serangan Jantung dan Stroke.


Zat Potasium pada cabai sebagai  pengontrol tekanan darah dapat membantu kelancaran peredaran darah yang dapat menghindari gangguan kesehatan pada jantung dan menghindari stroke. Potasium berfungsi untuk merilekskan tubuh.

7. Cabai sebagai pencegah Diabetes.


Ternyata cabai dapat mengurangi terbuangnya kadar insulin saat kita buang air kecil. Sehingga kita terhindar dari penyakit Diabetes Mellitus yaitu akibat kekurangan insulin pada ginjal.

8. Cabai sebagai peningkat metabolisme tubuh.


Cabai dapat membantu tubuh mencerna makanan dikarenakan mengandung serat tinggi. Dengan mengonsumsi cabai, anda akan terhindar dari sembelit atau susah buang air besar. Selain itu kandungan serat pada cabai akan menghindarkan kita dari penyakit ambeien.

9. Cabai Sebagai Sumber Vitamin A.


Selain vitamin C yang tinggi, cabai mengandung 2x vitamin A lebih banyak dibandingkan dengan wortel. Mengonsumsi cabai sangat baik untuk kesehatan mata. (SRH)

Demikianlah Manfaat cabe untuk kesehatan, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar