9 Tips Anti Gagal Membuat Bolu Kukus

9 Tips Anti Gagal Membuat Bolu Kukus

Bunda pasti senang memasak tentunya untuk suami atau untuk si buah hati. Terkadang bunda ingin membuat sesuatu yang spesial, misalnya membuat bolu karya tangan sendiri di saat anggota keluarga berulang tahun. Tapi untuk pertama kali biasanya ada beberapa tantangan dalam membuat bolu. Misalnya, mengapa bolu yang kita buat tidak sama bentuk dan hasilnya dengan gambar pada resepnya? Terkadang hasil bolu yang kita buat kurang mengembang atau keras, sehingga mempengaruhi selera yang memakannya.

Jangan sampai karena kegagalan memasak membuat bunda tidak lagi mencoba.
Kali ini kami hadirkan tips membuat bolu anti gagal, agar bunda tidak ragu lagi untuk memasak dengan tangan sendiri dan menghasilkan bolu yang cantik, lembut, mengembang dan enak rasanya.

[caption id="attachment_1941" align="aligncenter" width="635"]Resep bolu kukus anti gagal Resep bolu kukus anti gagal (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Takar dengan timbangan seluruh bahan yang dibutuhkan sesuai dengan resep.
    Ikuti seluruh resep dengan baik. Misal bahan terigu berprotein rendah berbeda dengan protein tinggi. Juga margarin berbeda hasilnya dengan mentega.

  2. Gunakan bahan-bahan yang berkualitas dan baik kondisinya.
    Misal untuk bahan terigu, gula, tepung maizena, baking powder, cream of tar-tar, pelembut kue dan sebagainya, sebaiknya tidak melewati batas kadaluarsa. Periksa tanggal kadaluarsa pada kemasan. Untuk terigu, gula dan telor dapat dijemur terlebih dahulu bila kondisinya agak menggumpal dan lembab.

  3. Gunakan pengocok atau mixer dengan kecepatan maksimal saat mengocok gula, mentega dan telur. Bantu dengan spatula agar teraduk merata. Kocoklah bahan adonan minimal 20 menit jika anda ingin menghasilkan kue bolu yang mengembang sempurna. Tips ini merupakan salah satu rahasia bolu mengembang sempurna walau tanpa menggunakan bahan pengembang atau baking powder.

  4. Sebelum memasukkan terigu dan gula ke dalam adonan, sebaiknya anda ayak terlebih dahulu agar adonan tidak menggumpal dan kotoran pada bahan dapat disisihkan sebelum tercampur dalam adonan.

  5. Aduklah bahan kering (mentega, tepung terigu, baking powder, vanilli dan gula) terpisah dengan bahan basah (telor, susu cair, santan). Baru setelah diaduk terpisah, dicampurkan seluruhnya bersamaan. Jangan lakukan secara berselang-seling, karena akan menghasilkan bolu yang kurang mengembang atau bantat.

  6. Bila tepung terigu sudah dicampur ke dalam adonan, baiknya anda mengocok cukup dengan spatula atau mixer berkecepatan rendah dan jangan terlalu lama. Hal ini akan menyebabkan adonan turun dan hasilnya bolu bantat atau keras.

  7. Panaskan loyang dan dandang kukusan terlebih dahulu agar suhunya panas merata. Masukkan adonan pada loyang secara merata. Sebelumnya oles loyang dengan sedikit mentega dan ditaburi sedikit terigu, agar tidak lengket saat mengeluarkan bolu saat sudah matang dari loyang. Atau anda dapat menggunakan kertas alas roti agar tidak lengket pada loyang.

  8. Gunakan lap bersih pada tutup dandang agar tetesan uap air tidak membasahi adonan kue.
    Gunakan dandang kue yang ukurannya agak longgar agar uap selama memasak mengalir sempurna. Gunakan api kecil agar bolu matang secara merata.

  9. Bila anda baru mencoba resep tersebut, gunakan ukuran separuh resep untuk memastikan kebenaran resep.


Semoga dengan 9 Tips Anti Gagal Membuat Bolu ini bunda tidak ragu lagi membuat kreasi makanan dengan tangan sendiri. Selamat mencoba. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar