6 Cara Tetap Fit di Musim Hujan

6 Cara Tetap Fit di Musim Hujan

Musim dingin dan hujan merupakan musim rawan timbulnya berbagai penyakit, seperti flu, masuk angin dan perut kembung. Di musim hujan, yang menjadi penyebab utama munculnya penyakit ialah hawanya yang lebih dingin dari hari biasanya. Selain itu dikarenakan kita yang hidup di iklim tropis, lebih cenderung terkena panasnya terik matahari dibandingkan dengan udara dingin.

Suhu tubuh di musim hujan tentunya akan lebih rendah dari hari cerah. Untuk menghindari kondisi tubuh yang menurun, kita sebaiknya meningkatkan kualitas hidup dengan mengaplikasikan cara tetap fit di musim hujan.

1. Makan Teratur dan Minum Air Hangat


Agar tubuh tetap fit, jaga pola makan. Makanlah karbohidrat, protein dan mineral yang cukup. Jangan sampai anda terlambat makan. Tubuh anda harus tetap memiliki asupan kalori yang membantu tubuh menyesuaikan diri dengan suhu ruangan. Selalu minum air dengan suhu hangat. Minumlah pula air jahe, sereal dan susu hangat untuk menjaga stamina anda.

[caption id="attachment_1976" align="aligncenter" width="263"]Tetap sehat di musim hujan Tetap sehat di musim hujan (Ilustrasi/pexels)[/caption]

  1. Siapkan baju hangat, mantel, jaket, syal, payung dan jas hujan di tas atau kendaraan anda saat beraktivitas di luar rumah.


Agar badan anda tidak kedinginan atau basah karena terguyur air hujan, selalu bawa perlengkapan baju hangat, payung dan jas hujan. Agar simple, sesuaikan ukurannya dengan tas yang anda bawa atau dapat disimpan di bagasi motor atau mobil anda.

3. Gunakan Selimut Tebal Saat Tidur


Bila anda istirahat di waktu hujan, sebaiknya menggunakan selimut tebal agar anda terhindar dari perut kembung dan masuk angin.

4. Mandi dengan air hangat


Mandi dengan air hangat membuat tubuh kita lebih kuat menahan dingin dan menambah semangat, karena biasanya tubuh kita cenderung malas untuk beraktivitas di cuaca dingin dan hujan.

5.  Menggunakan kaus kaki atau stoking tebal


Untuk menghindari cuaca lembap dan dingin di musim hujan, anda dapat menggunakan kaus kaki atau stoking di saat pergi ke kantor bahkan di saat anda tidur. Kaus kaki atau stoking sangat membantu menghangatkan tubuh, karena hampir seluruh organ tubuh kita terkoneksi dengan otot saraf pada telapak kaki kita. Bila telapak kaki anda hangat, tubuh anda lebih kuat menahan udara dingin.

6. Gunakan alas kaki tertutup yang tahan air


Di saat hari hujan, anda tidak bisa terhindar dari percikan air hujan terutama pada kaki saat berada di luar ruangan. Untuk menghindari kotoran menempel pada kaki, gunakan alas kaki tertutup yang tahan air. Bila keperluan kantor atau kegiatan anda mewajibkan anda menggunakan sepatu resmi, bawalah alas kaki cadangan atau simpanlah di kantor dan gunakan di saat udara cerah. Sehingga selain sepatu resmi anda tetap terjaga, kaki anda juga tidak terkena percikan air hujan atau lumpur.

Semoga cara tetap fit di musim hujan ini dapat mengingatkan anda untuk menjaga kesehatan di sela kesibukan beraktifitas. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar