5 Tips Sederhana Mencetak Balita Cerdas

5 Tips Sederhana Mencetak Balita Cerdas

Memiliki anak yang cerdas tentu merupakan dambaan Anda para orang tua. Ternyata, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, mengajarkan ilmu-ilmu seperti bahasa, bahasa asing, dan numerik atau matematika sebaiknya diberikan sejak usia balita. Mengapa? Karena proses penyerapan ilmu justru lebih mudah dan cepat pada masa ini dibandingkan pada usia sekolah.

Pengenalan pada masa balita ini akan memudahkan ketika nanti buah hati Anda mendapatkan pelajaran tersebut di bangku sekolah. Namun masalahnya, bagaimana cara mengenalkan ilmu-ilmu tersebut terhadap balita? Untuk mengetahui dan mempelajari hal ini lebih lanjut, silahkan simak pembahasan di bawah ini!

  1. Mengajak Bicara


Salah satu cara untuk mencetak balita cerdas ialah dengan sering mengajaknya bicara. Anda bisa menceritakan topik-topik apapun padanya yang sekiranya dapat dijangkau oleh daya nalar balita. Mengajaknya bercerita banyak hal akan melatih daya tangkap, imajinasi, serta kemampuan dalam berbahasa. Selain itu, dengan sering melibatkan buah hati Anda dalam pembicaaan, ia akan merasa menjadi pusat perhatian sehingga lebih percaya diri.

[caption id="attachment_2143" align="aligncenter" width="640"]Cara mendidik anak agar cerdas sejak dini Cara mendidik anak agar cerdas sejak dini (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Memilih Buku Anak Dengan Gambar yang Menarik dan Tulisan Yang Besar


Anak-anak pada umumnya menyukai gambar yang menarik dan warna yang mencolok. Begitu juga dalam memilih buku, mereka cenderung menyukai buku bergambar dan berwarna. Dengan tulisan yang besar-besar, akan membantu anak Anda belajar mengenal huruf dan membaca sambil memahami gambar.

  1. Belajar Bahasa Asing Melalui DVD


Untuk mengajarkan bahasa asing pada balita, Anda bisa menggunakan media DVD. Dengan adanya gambar bergerak yang diisi suara, bahkan terkadang dengan irama lagu yang menarik, akan membuat anak menghafal kosa kata bahasa asing sambil bersenang-senang. Kelak ketika di bangku sekolah diberikan kosa kata yang sama, buah hati Anda akan dengan mudah melafalkannya.

  1. Membacakan Cerita atau Dongeng


Penting bagi Anda untuk membacakan cerita bergambar kepada buah hati Anda yang masih balita. Sertakan intonasi yang tepat pada cerita yang Anda sampaikan agar anak tidak bosan dan benar-benar memahami isi cerita. Selain itu, muatan moral yang baik pada cerita anak secara tidak langsung akan membentuk karakter buah hati Anda.

  1. Mengajak Berolahraga


Hal terakhir yang penting untuk mencetak balita cerdas ialah dengan mengajaknya untuk berolahraga. Cukup olahraga ringan saja seperti senam, berenang, bermain kuda-kudaan, dan berlari kecil. Kegiatan olahraga ini tak hanya dapat membantu perkembangan fisik balita, namun juga mendorong perkembangan saraf motorik dan otak anak. Dengan demikian, janganlah ragu untuk mengajaknya berolahraga.

Demikianlah Cara mendidik anak agar cerdas sejak dini. Bagaimana? Mudah bukan mencetak balita yang cerdas? Asalkan Anda sabar dan telaten menerapkan tips-tips di atas, maka memiliki anak yang cerdas bukanlah suatu kemustahilan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar