5 Cara Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas Agar Tahan Lama

5 Cara Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas Agar Tahan Lama

Kulkas merupakan pahlawan yang sangat berjasa terutama dalam hal menyimpan makanan. Terlebih dengan gaya belanja masyarakat zaman sekarang yang hanya dilakukan satu minggu sekali misalnya, maka keberadaan kulkas sangatlah penting. Namun terkadang makanan yang Anda simpan di dalam kulkas justru menimbulkan bau yang tidak sedap, tidak awet, atau bahkan merusak makanan yang lain. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara-cara yang benar menyimpan beberapa jenis makanan di dalam kulkas agar awet dan tahan lama.

  1. Cara Menyimpan Buah


Aturan yang harus Anda pahami saat menyimpan buah dalam kulkas ialah buah tidak perlu dicuci sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Mengapa? Karena buah tidak memerlukan kelembapan yang tinggi. Mencuci buah terlebih dahulu sebelum disimpan dalam kulkas malah cenderung membuatnya cepat membusuk. Letakkan buah di rak terbuka pada bagian tengah. Untuk buah yang telah dipotong-potong sebaiknya berikan perasan jeruk nipis dan simpan dalam wadah plastik. Untuk buah apel sebaiknya Anda memisahkannya dari buah yang lain karena apel menghasilkan gas yang cenderung membuat buah menjadi masak. Membungkusnya tersendiri di dalam plastik berlubang atau meletakannya pada kumpulan buah yang belum matang merupakan cara jitu untuk menyimpan apel di dalam kulkas.

[caption id="attachment_1986" align="aligncenter" width="635"]Tips menyimpan makanan di kulkas Tips menyimpan makanan di kulkas (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Cara menyimpan Sayuran


Cara menyimpan makanan yang satu ini cukup berbeda dibandingkan dengan menyimpan buah. Sebeum dimasukkan ke dalam kulkas, sayuran justru wajib dicuci terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri tumbuh dan membuat sayuran menjadi layu. Namun, sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, pastikan sayuran telah bebas dari air pasca pencucian dan masukkan ke dalam kantong plastik berlubang. Untuk menyimpan jamur, maka Anda harus membungkusnya dengan kertas.

  1. Cara Menyimpan Telur


Menyimpan telur di dalam kulkas memang gampang-gampang susah. Materi dalam telur sangat unik karena ia akan memadat bila dipanaskan dan mencair  jika didinginkan. Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika akan menyimpan telur di dalam kulkas ialah mencuci sampai bersih terlebih dahulu. Setelah itu, lap hingga kering. Simpanlah dalam tempat yang telah disediakan untuk telur dengan menempatkan ujung yang runcing di bagian bawah. Menyimpan dengan cara ini membuatnya tidak mudah busuk karena kantong udara yang berada pada bagian yang lebih tumpul tidak tertekan oleh komponen telur yang lain.

  1. Cara Menyimpan Daging


Bagi Anda yang gemar berbelanja di supemarket secara borongan, tentu Anda sering menyimpan daging dalam kulkas. Cara yang benar dalam menyimpan daging dalam kulkas ialah dengan tetap membungkusnya dalam plastik.  Atau tempatkanlah daging di dalam wadah piring. Meletakkan daging tanpa alas dan pembungkus akan meningkatkan risiko terpapar bakteri.

  1. Cara Menyimpan Produk Susu dan Olahannya


Menyimpan produk susu dan olahannya di dalam kulkas juga ada triknya. Untuk susu, tuanglah ia di dalam botol plastik jika semula ia menggunakan pembungkus karton. Mengapa demikian? Karena bakteri akan lebih mudah untuk bertumbuh di dalam wadah karton dibandingkan wadah plastik. Untuk produk yoghurt, apabila sudah dikonsumsi kembalikanlah ke wadah aslinya lalu simpan. Sedangkan untuk menyimpan keju, bungkuslah dengan aluminium foil.

Demikianlah cara-cara menyimpan beberapa bahan makanan di dalam kulkas agar tahan lama. Semoga tips ini bermanfaat. Selamat mencoba!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar