5 Cara Mencegah Penyakit Tumor

5 Cara Mencegah Penyakit Tumor

Anda tentu ingin menghindari penyakit yang satu ini, tumor. Tumor adalah jaringan liar pada tubuh yang diakibatkan oleh neoplasma atau sel liar yang tumbuh membentuk benjolan. Tumor dari tingkat keganasannya terbagi menjadi dua yaitu tumor jinak yang hanya membentuk benjolan dan kanker atau tumor ganas yang sifatnya merambat atau menyebar. Ciri yang membedakan lain ialah biasanya benjolan tumor jinak dapat berpindah dan tidak terasa perih, sedang benjolan kanker bila ditekan cenderung diam tidak bergeser karena berakar dan menjalar di dalam tubuh. Efeknya badan terasa gatal, merah, pedih, demam dan muntah bila sudah parah.

Tumor jinak adalah jaringan liar yang tumbuh dan hidup di bagian tubuh manusia dan bentuk dari sel tumor bisa dibedakan dengan sel tubuh. Pertumbuhan tumor jinak tergolong lambat namun bisa mengganggu jaringan tubuh dan menyebabkan kelainan seperti obstruksi ataupun atrofi. Bila tidak segera diobati tumor jinak akan terus membesar. Bila tumor terus membesar akan mendesak organ lainnya dan pecah, akan menginfeksi organ terdekat.

[caption id="attachment_1935" align="aligncenter" width="635"]Cara mencegah penyakit tumor Cara mencegah penyakit tumor (Ilustrasi/By Klaus D. Peter, Gummersbach, Germany (Own work) [CC BY 3.0 de (http://creativecommons.org/licenses/by/3.0/de/deed.en)], via Wikimedia Commons)[/caption]Tumor ganas atau kanker adalah jaringan sel liar yang merusak tubuh dan bersifat karsinogenik atau beracun dan mematikan. Kanker mampu menjalar ke dalam jaringan tubuh secara cepat dan mengganggu sistem kerja tubuh dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Misalnya saja tumor ganas yang menyerang getah bening atau limfa dan kanker darah atau leukimia. Biasanya penanganan medis yang dilakukan ialah dengan melakukan kemoterapi untuk melawan dan mematikan sel kanker.

Banyak penderita kanker atau tumor ganas tidak tertolong dikarenakan kurang memperhatikan kondisi kesehatan dan perubahan bentuk tubuh. Pertumbuhan sel kanker begitu cepat menjalar ke bagian tubuh lain dan mengakibatkan jaringan sel pada tubuh manusia tidak mampu bergerak banyak.  Nah, untuk menghindari kondisi stadium atas atau kondisi kanker yang sudah tidak tertolong, sebaiknya kita lakukan beberapa pencegahan.

Cara Mencegah Penyakit Tumor antara lain ialah :

1. Pola makan


Pola makan yang dimaksud ialah mengonsumsi makanan organik dan alami. Hindari kebiasaan buruk untuk mengonsumsi makanan serba instan, seperti mie dan juga minuman cup atau botol berperisa buatan. Hindari minuman beralkoh*l tinggi untuk melindungi tubuh dari racun. Terlalu sering mengonsumsi makanan berpengawet dapat mengakibatkan adanya pertumbuhan sel liar karsinogenik yang memicu timbulnya tumor ganas ataupun kanker.

2. Lingkungan hidup


Lingkungan sekitar kita sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan. Bila lingkungan anda tidak sehat, misal terlalu sering berada di tempat berpolusi udara seperti asap kendaraan atau diam di lingkungan perok*k, tentu bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan memicu adanya tumor. Selain itu, zat kimia yang terdapat dalam asap kendaraan dan rok*k berakibat buruk bagi kesehatan.

3. Hindari depresi dan miliki jam istirahat yang cukup


Pikiran berat atau stres yang berlebihan juga menjadi faktor terjadinya tumor. Untuk itu, ada baiknya jika anda memberikan beberapa waktu anda untuk rileks dan sekedar mendapat hiburan agar otak tidak begitu berat. Miliki jam istirahat atau tidur yang cukup karena faktanya ada tumor yang menyerang otak. Stres dapat melemahkan stamina tubuh terutama otak sehingga mudah terserang virus ataupun bakteri yang menginfeksi dan dapat tumbuh menjadi sel tumor dan kanker.

4. Berhati-hati dalam menggunakan kosmetik


Saat ini, perkembangan kosmetik sangat pesat dan menjadi salah satu bisnis yang cukup diminati. Kosmetik menjadi salah satu yang dapat menyebabkan timbulnya tumor dalam tubuh seseorang. Beberapa zat kimia yang terdapat dalam kosmetik ada yang membahayakan tubuh. Untuk itu, anda diharuskan berhati-hati saat mengenakan kosmetik.  Pilihlah produk kosmetik yang sudah terdaftar di BPOM dan teruji oleh YLKI.

5. Rajin Berolahraga dan minum air mineral


Olahraga yang teratur membuat tubuh kita lebih prima. Juga dapat membakar lemak atau daging berlebih pada tubuh. Olahraga membantu aliran darah pada tubuh lebih lancar, sehingga zat beracun dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui energi yang terbakar dan keringat. Minumlah air mineral sebelum dan sesudah berolahraga agar tubuh yang telah lelah tidak mengalami dehidrasi setelah berkeringat.

Demikian informasi mengenai penyakit tumor dan cara mencegah tumor. Semoga  anda lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan, memilih makanan, minuman hingga kosmetik yang digunakan. Karena disadari atau tidak hal ini bisa menjadi pemicu timbulnya tumor dalam tubuh manusia. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar