Tips Memilih Gadget ( Handphone, Tablet, Laptop, dan lain-lain)

Tips Memilih Gadget ( Handphone, Tablet, Laptop, dan lain-lain)

Hmm, saat ini dunia gadget sangat booming dan hampir semua kalangan usia di manapun kini tidak bisa terlepas dari ketergantungan akan gadget si alat pintar yang multiguna. Setiap hari kemajuan teknologi semakin cepat dibarengi dengan perdagangan global yang membuat pengguna gadget senang meng-upgrade dan tidak merasa puas akan gadget yang dimiliki.

Promo, iklan model handphone, tablet, smartphone dan lainnya tentu menarik hati kita membeli gasget baru. Merk, bentuk, warna, kecepatan, kualitas kamera yang semakin tinggi membuat kita sebagai pengguna kadang memiliki beberapa gadget. Bahayanya kalau kita ke pusat pembelajaan gadget kita tergiur dengan tawaran model gadget terbaru sampai tagihan kartu kredit kita mencapai batas limit.

[caption id="attachment_1726" align="aligncenter" width="525"]Tips memilih gadget Tips memilih gadget (Ilustrasi/pexels)[/caption]

Untuk menghindari hal di atas, ada beberapa tips memilih gadget supaya kita tidak konsumtif berganti-ganti gadget hanya karena tidak puas dengan kemampuan atau modelnya. Yang harus diperhatikan ialah :

  1. Untuk apa kita membeli gadget ?

  2. Berapa budget yang kita punya untuk memiliki sebuah gadget?

  3. Hal apa saja yang wajib kita install di dalam gadget kita?

  4. Berapa gadget yang sudah kita miliki, apakah sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan teknologi komunikasi kita?


Kalau kita beracuan pada 4 hal di atas kita tidak akan tergiur dengan selalu berganti/ membeli gadget. Sebaiknya membeli gadget hanya memang karena keperluan kerja, bukan sekedar bergaya. Karena dunia teknologi terus berkembang, dan setiap tahun selalu ada perbaikan. Untuk keperluan kerja sebaiknya yang kita perhatikan dari sebuah gadget ialah :

  1. Processor / otak mesin gadget. Semakin besar kecepatannya, semakin cepat pula kerja gadget tersebut.

  2. ROM merupakan memori internal yang jarang diperhatikan. Kecepatan Processor harus dibarengi ROM yang besar. ROM merupakan ruang untuk mengeksekusi program yang sedang dijalankan. Bila ROM kecil tapi processor kencang, suhu gadget kita akan meningkat dan tidak jarang hang /macet. Juga bila banyak menginstall program tentunya akan menghabiskan ruang ROM. Pilihlah ROM yang besar pada handphone ROM yang sudah cukup memadai banyak kebutuhan ialah yang kapasitasnya di atas 2G.

  3. RAM merupakan ruang penyimpanan data di dalam gadget, pada handphone kita mengenalnya dengan memory internal. RAM merupakan tempat penyimpanan data seperti lagu, file dokumen, video, master file program dan sebagainya. Pilihlah RAM yang paling besar agar data dapat disimpan sebanyak mungkin.

  4. Modem merupakan hal terpenting selanjutnya. Kecepatan komunikasi tergantung pada alat ini. Pilihlah modem tercepat agar kita tidak kesulitan berkomunikasi.

  5. Wifi, Speaker, Camera, Bluetooth, Slot, Konektor merupakan sarana tambahan. Kita bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.



Demikian tips memilih gadget. Merk saat ini sudah tidak terlalu berpengaruh. Pilihlah yang terbaik dari  5 point di atas di kelas harga yang sama. Di jamin anda akan mendapatkan gadget terbaik dan anda puas memakainya. (SRH)




Sumber: Pengalaman pribadi
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar