Sering Gagal Fokus Saat Belajar? 5 Tips Sederhana Ini Akan
Mengembalikan Konsentrasi Anda

Sering Gagal Fokus Saat Belajar? 5 Tips Sederhana Ini Akan Mengembalikan Konsentrasi Anda

Belajar merupakan salah satu rutinitas wajib bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah maupun kuliah. Namun, ada kalanya Anda mengalami kesulitan menyerap bahan ajar karena konsentrasi yang buyar. Keadaan ini tentu sangat berbahaya apalagi jika besok ada ujian atau sedang mengerjakan tugas yang sangat penting. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tips-tips sederhana untuk mengembalikan konsentrasimu yang terganggu. Silahkan simak ulasan di bawah ini ya!

Cara meningkatkan konsentrasi belajar



  1. Siapkan Semua Bahan Pelajaran Berikut Atribut Lengkapnya


Sebelum memulai belajar, pastikan semua barang yang Anda butuhkan selama belajar sudah disiapkan dan letakkan di dekat meja belajar Anda. Jangan sampai konsentrasi belajar Anda terganggu karena Anda sering bolak-balik ke tempat lain untuk mengambil sesuatu. Bagi Anda yang suka ngemil, sah-sah aja kok membawa toples berisi camilan ke meja belajar agar suasana belajar Anda terasa lebih santai.

[caption id="attachment_1783" align="aligncenter" width="635"]Cara meningkatkan konsentrasi belajar Cara meningkatkan konsentrasi belajar (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Jangan Letakkan Smartphone di Meja Belajar


Keberadaan smartphone memang telah menjadi "racun" bagi sebagian besar orang. Kecenderungan untuk membuka media sosial setiap waktu akan membuyarkan konsentrasi Anda. Kalau Anda menuruti hasrat ini terus menerus, lalu kapan Anda bisa fokus sepenuhnya? Belajar sambil bermain smartphone merupakan aktivitas yang tidak efektif. Meskipun Anda menghabiskan waktu berjam-jam untuk belajar,  bisa jadi hanya sedikit ilmu yang Anda dapatkan. Oleh karena itu, jauhkan smartphione dari meja belajar. Manfaatkanlah waktu ini untuk memberikan hak smartphone untuk beristirahat. Dengan langkah ini, hasil belajar Anda pasti akan lebih optimal.

  1. Bangkitkan Mood dengan Musik


Tidak semua orang butuh suasana yang hening bahkan tanpa suara sedikitpun ketika belajar. Bahkan ada beberapa orang yang cepat merasa bosan ketika belajar dalam keheningan. Bagi orang-orang golongan tersebut, musik justru bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi. Namun, Anda juga harus memperhatikan jenis musik yang Anda dengarkan. Pilihlah musik-musik klasik, ringan, namun ceria. Hindari memilih lagu-lagu metal, up-beat, atau justeru lagu-lagu galau. Dengan cara ini, maka Anda akan kembali fokus dan lebih bersemangat.

  1. Jika Terlampau Lelah, Beristirahatlah Sejenak


Ketika Anda sedang dikejar deadline tugas, atau banyak materi yang belum dikuasai sementara besok ada ujian, maka mau tak mau Anda akan belajar semalam suntuk atau setidaknya dalam waktu yang lebih lama. Keadaan ini akan membuat Anda lelah dan kehilangan fokus. Jika sudah demikian, maka Anda harus rileks sejenak. Cobalah untuk menonton funny video, senam singkat, atau jika memungkinkan lakukanlah tidur kilat. Beristirahat sejenak akan membuat otak Anda fresh kembali.

  1. Pilihlah Tempat dan Suasana yang Pas


Setiap orang memiliki selera yang berbeda tentang tempat dan suasana yang pas saat belajar. Jika Anda penyuka tempat dan suasana yang sepi, maka Anda bisa belajar di kamar atau perpustakaan. Belajar di taman juga bukanlah ide yang buruk. Intinya, ciptakan lingkungan dan suasana se-ideal mungkin agar aktivitas belajar Anda menjadi semakin efektif.

Demikianlah tips sederhana untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi belajar Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar