Pintar Fisika dengan 3 Langkah Sederhana

Pintar Fisika dengan 3 Langkah Sederhana

Sudah menjadi rahasia umum bahwa fisika merupakan mata pelajaran yang paling dihindari dibanding tiga pelajaran eksak lainnya oleh pelajar kebanyakan. Ini karena fisika merupakan pelajaran yang begitu kompleks. Menggabungkan teori, perhitungan dan penalaran di dalamnya. Menjadi pelajaran yang begitu sulit dicerna, membuat pelajaran ini kerap mendapatkan peminat yang sedikit. Tapi, bagaimanapun, pelajaran ini tetap dianggap penting. Tidak tanggung-tanggung, banyak dari fakultas di perguruan tinggi yang menjadikan nilai fisika sebagai penunjang pembelajaran di kuliah. Fakultas teknik misalnya. Meski begitu, fisika tetaplah hanya berstatus ‘sulit’, bukan ‘mustahil’. Penulis akan membagi resep rahasia agar bisa pintar fisika hanya dengan 3 langkah sederhana!

  1. Fokus pada Rumus dan Angka


Belajar Fisika itu seperti kita diajarkan memasak nasi dan ketika ujian kita disuruh membuat nasi goreng. Pada kenyataannya, ujian fisika yang kita hadapi seringkali berbentuk uraian panjang yang membuat kita bingung, sebenarnya harus diapakan semua angka ini?

[caption id="attachment_1915" align="aligncenter" width="635"]Cara belajar fisika agar mudah dipahami Cara belajar fisika agar mudah dipahami (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Untuk ini, kamu tidak perlu bingung. Kamu bisa langsung melihat kalimat terakhirnya dalam soal itu. Apa yang ditanyakan? Apa yang soal ini inginkan? Kalau kamu sudah mengetahui apa yang soal tersebut tanyakan, mulailah pilah semua keterangan yang ada. Fokuslah pada angkanya saja. Tidak usah baca teorinya karena itu akan membuatmu semakin bingung saja. Perhatikan angka-angka yang tertera dan mulai susun letak angka tersebut sesuai data. Setelah itu, kamu tinggal memasukan angka-angka tersebut ke rumus. Ingat, semakin banyak rumus alternatif yang kamu ketahui, semakin baik.

  1. Pahami Satuan


Kamu kesulitan menghapal rumus? Tenang, kamu bisa mengakalinya dengan memahami satuan. Misal, suatu soal menanyakan v (kecepatan), namun kamu lupa apa rumus dari kecepatan. Kamu hanya harus mengingat satuan v yang dalam hal ini adalah m/s (meter per sekon). Apabila soalnya pilihan ganda, akan lebih mudah bagimu. Setelah kamu ingat satuannya, kembali perhatikan soal. Ada data apa saja di soal tersebut? Ada satuan apa saja? Bila ada data bersatuan meter dan bersatuan sekon, kamu hanya tinggal membagi meter dengan sekon. Dan kamu akan langsung mendapatkan hasilnya. Tapi, cara ini memiliki kekurangan. Karena banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Namun tetap saja dalam keadaan tertentu, cara ini sangat efektif.

  1. Latihan Soal


Fisika itu susah bagi penggemar eksak, apalagi bagi penggemar non eksak. Bagi kamu si non-eksak yang ingin pintar pelajaran ini, kamu harus kebal terhadap latihan-latihan soal. Kamu yang suka non-eksak, pasti tipe penghapal. Semakin banyak tipe soal yang kamu kerjakan, semakin banyak cara penyelesaian yang kamu hapal, yang kamu tahu, yang kamu paham. Sehingga, kalau ada soal dengan tipe yang sama, kamu akan langsung bisa mengerjakannya. Namun, tentu kekurangannya nampak jelas. Apabila kamu belum pernah mengerjakan tipe soal, kamu akan sangat kesulitan. Cara mengatasinya ialah semakin perbanyak latihan soal dengan  tipe yang berbeda!

Meskipun kamu sudah mencoba cara di atas, tapi menjadi pintar bukanlah hal yang instan. Kamu harus terus belajar giat, mencoba dan mencoba, juga selalu berdoa. Sampai kamu berhasil, kamu harus selalu bangkit ketika terjatuh. Semangatlah terus sahabat!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar