Inilah 4 Waktu Terbaik untuk Mengonsumsi Buah

Inilah 4 Waktu Terbaik untuk Mengonsumsi Buah

Mengonsumsi buah sudah lama dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Adanya berbagai vitamin dan mineral penting di dalam buah segar membuatnya masuk menjadi makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Selain itu buah juga memiliki kandungan gula alami yang juga sangat baik dikonsumsi oleh manusia.

Di Indonesia, penyajian buah umum dilakukan sebagai makanan penutup usai makan besar. Namun demikian, ada pihak yang menyatakan bahwa tidak baik mengonsumsi buah setelah makan besar. Lalu kapan sajakah waktu yang tepat untuk makan buah? Pada kesempatan kali ini akan dibahas 4 waktu terbaik untuk makan buah agar kandungan nutrien yang terdapat di dalamnya dapat terserap secara optimal. Untuk mengetahui kapan saja waktu tersebut, silahkan simak ulasan di bawah ini!

  1. Pagi Hari


Pagi hari merupakan salah satu waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi buah. Hal ini disebabkan karena perut masih berada pada kondisi kosong sehingga mudah menyerap nutrien yang masuk terutama yang berasal dari buah. Dahulukan minum segelas air putih sebelum menyantap buah. Setelah itu pilihlah buah-buah yang aman untuk lambung yang masih kosong seperti buah pepaya. Mengonsumsi buah pada pagi hari dapat membantu tubuh untuk mendetoksifikasi racun dengan lebih optimal.

[caption id="attachment_1747" align="aligncenter" width="525"]Waktu yang tepat makan buah Waktu yang tepat makan buah (Ilustrasi/pexels)[/caption]

  1. Sore Hari


Jika Anda tidak sempat mengonsumsi buah di pagi hari, cobalah untuk mengonsumsinya di sore hari. Buah dapat menjadi pengganti snack atau camilan yang dapat Anda konsumsi selepas kerja atau beraktivitas yang lain. Mengganti snack dengan aneka buah-buahan tentu lebih menyehatkan.

  1. 30 Menit Sebelum Makan Besar


30 menit sebelum makan besar merupakan waktu terbaik untuk mengonsumsi buah. Cara ini akan efektif untuk mengontrol nafsu makan Anda dan mencegah agar tidak kalap waktu makan besar. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan sebelum makan terutama yang kaya serat dan vitamin C akan mengoptimalkan penyerapan nutrien yang Anda konsumsi saat makan besar. Cobalah makan buah sebelum makan siang, atau menjelang makan malam untuk mendapatkan manfaat sempurna dari buah.

  1. 30 Menit Sebelum Olahraga


Sebelum berolahraga, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan terlebih dahulu. Buah-buahan menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk disantap sebelum melakukan aktivitas olahraga sebagai penyedia energi. Namun, disarankan jeda antara mengonsumsi buah dengan melakukan aktivitas olahraganya sekitar 30 menit agar buah yang dikonsumsi sudah masuk sempurna ke dalam lambung dan tidak mengganggu aktivitas olahraga.

Demikianlah keempat waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah. Silahkan praktekkan tips ini dan dapatkan manfaat optimal dari mengonsumsi buah. Salam!

 
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar