Cara Mudah Mengatur Keuangan

Cara Mudah Mengatur Keuangan

Apa kabar saudara-saudari? Apakah pernah terjadi dan terucap kata-kata ini di mulut anda ? "Wah.. Baru awal bulan sudah devisit ?". Hampir semua orang tentu di masa hidupnya pernah mengalami hal ini.
Tetapi jangan kuatir. Karena ada beberapa tips pengelolaan keuangan yang sebenarnya sudah diajarkan orang tua kita. Ini merupakan tips sederhana bagi anda. Mari kita ingat dan lakukan.
Hitunglah seluruh jumlah pendapatan perbulan. Lalu hitung gaji bersih yang anda terima setelah dipotong pajak dan tagihan kartu kredit. Poskan pada 4 hal utama yaitu :

Cara mengatur keuangan bulanan



  • Ibadah


Setiap orang pasti diajar untuk berbagi. Sisihkan dari 10% pendapatan setiap bulan untuk mengembalikan pada Tuhan bagi umat Kristen. Bagi umat muslim dapat mencicil dan meringankan biaya zakat saat Hari Raya Idul Fitri atau bila mau berkurban seperti saat-saat Idul Adha. Bagi anda yang beragama Budha, Hindu dan Penganut Kepercayaan dapat digunakan untuk upacara keagamaan atau untuk kegiatan sosial. (Red. Bagi umat Islam bisa juga menyisikan pendapatannya 10-20% tiap bulan untuk bersedekah, berinfak, atau untuk zakat penghasilan)

[caption id="attachment_1794" align="aligncenter" width="635"]Cara mengatur keuangan bulanan Cara mengatur keuangan bulanan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  • Pendidikan


Sisihkan 10-20% bagi yang masih lajang untuk membeli buku atau hal yang dapat meningkatkan pengetahuan. Atau bagi yang sudah berkeluarga sisihkan untuk biaya pendidikan dan tabungan pendidikan anak anda.

  • Tabungan


Sisihkan 30% dari pendapatan anda untuk tabungan, baik berupa minimal 15% tabungan. Sisanya dapat berupa investasi rumah, tanah, kendaraan dan sebagainya.

  • Biaya hidup sehari-hari


50-60% dari pendapatan yang kita raih dapat kita belanjakan untuk kebutuhan sehari-hari, yang mencakup kebutuhan akan makan, pakaian, kebersihan, kesehatan, listrik, air, pulsa, transport dan hobi diatur pada point ini. Bila ada dana sisa dapat kita poskan untuk biaya tidak terduga atau diposkan untuk dana rekreasi atau memenuhi keinginan anda.

Untuk mempermudah, bagilah dana bulanan ke dalam beberapa amplop yang sudah diberi label tujuan penggunaannya .

Keempat hal pokok di atas merupakan rumusan pokok kebutuhan keuangan anda. Bila anda mengingatnya tentu anda dapat mengatasi keinginan anda. Keinginan seseorang tentu tidak akan mencapai kepuasan. Bila ada keinginan yang anda penuhi dengan kartu kredit atau mencicil, pastikan biaya kebutuhan utama anda tidak terganggu. Caranya ialah dengan mencari peluang usaha baru sebagai tambahan penghasilan anda.

Semoga cara mengatur keuangan ini dapat membantu anda memiliki pola keuangan yang seimbang. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar