Cara Menghindari dan Mengurangi Selulit dan Stretch Marks

Cara Menghindari dan Mengurangi Selulit dan Stretch Marks

Ibu yang sudah melahirkan atau sedang hamil tentu menghindari Selulit dan Stretch Marks. Apa itu selulit dan Stretch Marks?

Kadang kita tertukar antara  Stretch Marks dan Selulit. Stretch Marks adalah garis yang muncul di kulit, warnanya ungu kehitaman. Biasanya terlihat pada kaki, paha dan bagian tubuh yang terdapat banyak jaringan lemak yang tiba-tiba mengalami peningkatan berat secara drastis. Sedangkan selulit adalah jaringan lemak yang timbul dari jaringan fibrosa yang menembus jaringan lemak hingga terlihat mencuat di balik lapis kulit terluar kita.

[caption id="attachment_1852" align="aligncenter" width="635"]Cara Menghindari dan Mengurangi Selulit dan Stretch Marks Cara Menghindari dan Mengurangi Selulit dan Stretch Marks (Image By Josephrockz4 (Own work) [Public domain], via Wikimedia Commons)[/caption]Terjadinya Selulit merupakan akibat berat badan yang turun drastis secara tiba-tiba atau akibat diet mati-matian, misalnya pada pasca melahirkan.
Stretch Marksterjadi akibat struktur kolagen yang mengatur elastisitas kulit dalam lapisan kulit kurang. Biasanya terbentuk akibat berat badan yang meningkat drastis dari kurus ke gemuk, misalnya pada ibu yang sedang hamil.

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk mencegah selulit dan Stretch Marks ialah:

  1. Makanan seimbang 4 sehat 5 sempurna

  2. Olahraga teratur

  3. Nutrisi yang cukup

  4. Rajin mengonsumsi air mineral agar kulit terhidrasi dengan baik

  5. Memakai Lotion pada bagian perut secara rutin agar elastisitas kulit terjaga

  6. Mengonsumsi Vitamin E dan Alga.


Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengobati selulit ialah :

  1. Mengolesi minyak atau lotion pada bagian selulit. Minyak adas dan minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang dianjurkan. Oleskan secara teratur hingga selulit hilang.

  2. Gunakan ampas kopi murni yang dioles pada bagian selulit. Lakukan teratur hingga kulit anda kembali normal.

  3. Anda juga dapat mengoles parutan wortel pada bagian kulit yang terdapat selulit. Beri pijatan merata, diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu dibilas. Lakukan secara teratur hingga pulih terbebas dari selulit.

  4. Bila anda tinggal di dekat laut anda dapat menggunakan air laut dan mengusapkan pada bagian yang terdapat selulit sambil memijat dengan lembut.


Sedangkan pada Stretch Marks anda harus melakukan operasi kecantikan kulit untuk memudarkan dan mengobatinya.

Demikian Cara Menghindari dan Mengurangi Selulit dan Stretch Marks. Semoga dapat menjawab kegelisahan anda yang ingin menghindari Stretch Marks dan Selulit atau mengobatinya. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar