8 Cara Mengenali Kekurangan Vitamin dan Mineral Pada Tubuh dan
Mengatasinya

8 Cara Mengenali Kekurangan Vitamin dan Mineral Pada Tubuh dan Mengatasinya

Tahukah anda, bahwa tubuh kita memiliki ciri-ciri tertentu bila kekurangan asupan vitamin dan mineral? Kekurangan vitamin dan mineral biasanya menimbulkan beberapa reaksi tubuh. Untuk mengenalinya, kita bisa perhatikan beberapa ciri-ciri berikut ini :

1. Rasa Pegal

Bila anda merasa pegal pada badan anda namun bukan akibat dari kelelahan setelah bekerja, artinya anda kekurangan mineral pada tubuh yang disebut Potasium. Untuk mengatasinya sebaiknya anda mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung potasium seperti pisang dan brokoli.

2. Rasa Lemas

Bila anda mengalami rasa lemas bukan akibat dari letih beraktivitas, artinya anda mengalami kekurangan vitamin B6 dan asam folat. Cara mengatasinya, konsumsi telur, kacang, gandum dan sayur bayam.

3. Rasa Haus

Rasa haus yang tinggi seperti ingin minum air es merupakan tanda bahwa anda kekurangan zat besi yang bisa menyebabkan anemia. Cara mengatasinya ialah dengan mengonsumsi daging merah dan sayuran hijau tua seperti daun singkong, kangkung, pakcoy, bayam, dan sawi hijau.

[caption id="attachment_1815" align="aligncenter" width="635"]Akibat kekurangan vitamin dan mineral Akibat kekurangan vitamin dan mineral (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

4. Kuku Rapuh

Kuku rapuh dan mudah pecah karena kuku yang sangat tipis, diakibatkan kekurangan zat besi. Baiknya anda mengonsumsi kacang-kacangan.

5. Kulit Bibir Kering dan Pecah.

Kulit Bibir yang Kering dan Pecah merupakan sinyal bahwa tubuh anda kekurangan vitamin B2 atau Riboflavin dan Vitamin C. Riboflavin banyak dihasilkan dari susu. Sedangkan Vitamin C dapat dihasilkan dari konsumsi buah kiwi, tomat, jeruk dan sebagainya.

6. Berdarah dan susah berhenti

Ada beberapa orang yang bila berdarah sukar berhenti pendarahannya. Artinya anda kekurangan Vitamin K.

7. Rambut Rontok atau Jarang.

Rambut rontok akibat akar rambut yang tidak kokoh dan helai yang mudah patah atau jarang dapat disebabkan kekurangan Vitamin E. Konsumsi nutrisi vitamin tambahan secara teratur untuk membantu memulihkan rambut anda.

8. Kulit Tidak Elastis/ Kenyal atau Keriput

Kekurangan collagen dalam tubuh dapat mengakibatkan kulit tidak kenyal atau keriput. Anda dapat mengkonsumsi buah apel , strawberry. Selengkapnya dapat membaca artikel "Tips Awet Muda Secara Alami" Demikian cara mengenali beberapa kondisi tubuh bila anda kekurangan vitamin dan mineral. (SRH)

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar