8 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri

8 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri

Mendidik dan membesarkan anak sebagian besar menjadi tanggung jawab seorang ibu. Tanggung jawab ini tentu bukanlah hal yang mudah. Seringkali seorang ibu membutuhkan teman sharing atau saran dari berbagai sumber dalam menentukan pola asuh anak.

Ada ibu yang mengasuh anaknya secara lembut, ada pula yang bersifat sangat disiplin dalam bertindak dan berkomunikasi dengan anak. Ada kalanya kita dapat membela seorang anak, ada pula waktu kita harus bertindak tegas bila memang ada hal yang harus kita hindarkan dari kebiasaan si anak.

[caption id="attachment_1843" align="aligncenter" width="635"]Cara Mendidik Anak Agar Mandiri Cara Mendidik Anak Agar Mandiri (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Hal yang patut kita perhatikan atau cara agar mempermudah kita mendidik seorang anak ialah dengan :

  1. Mulai sejak balita tertib memberi jadwal sehari-hari.
    Misalnya kita atur jam bangun, makan, bermain, sekolah, menonton tv, atau bermain PS dan Gadget.

  2. Ajari kebersihan dan kerapihan pada anak.
    Biasakan anak menjaga kebersihannya seperti rajin mandi, mencuci tangan sebelum tidur, membereskan mainannya bila sudah selesai jam bermain. Ajari anak mandi, mengganti pakaian, sepatu dan membereskan bukunya sendiri. Kebiasaan ini akan menjadi nilai positif yang dilakukan anak hingga dewasa.

  3. Disiplinkan jam istirahat atau jam tidur anak.
    Kita bisa memberikan toleransi anak bila memang ada hal penting yang harus diselesaikan sehingga mengurangi jam tidur. Namun sebaiknya anak memiliki jam istirahat selama 8-11 jam per hari. Bila sudah terlalu larut, disiplinkan atau ingatkan anak untuk beristirahat agar tidak mengganggu kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Pada usia pertumbuhan di bawah 21 tahun, jam tidur anak sedikit banyak mempengaruhi pertumbuhan anak yang berkaitan dengan postur dan tinggi badan.

  4. Seluruh anak memiliki keinginan yang tidak terbatas.
    Bila anak anda memiliki keinginan misalnya, menginginkan mainan atau baju baru atau gadget baru, anda dapat memberi syarat pada anak. Ini membantu anak agar mengerti bahwa barang yang diberikan harus dengan usaha dan dia akan lebih merawat dan menjaganya. Misalnya anda memilih syarat akan meluluskan keinginan anak bila memiliki prestasi dengan nilai memuaskan di sekolah.

  5. Ajari anak rajin beribadah.
    Beribadah akan meningkatkan iman dan menguatkan pribadi anak. Mulailah dengan membiasakan berdoa saat bangun, makan, berangkat sekolah, saat sakit, saat mendapat hadiah, hingga saat tidur. Hal ini akan menjadi kebiasaan baik agar selalu ingat dan terpaut hatinya pada Tuhan, sehingga terhindar dari segala kejahatan dan bahaya.

  6. Perhatikan sosialisasi anak.
    Bila ada anak yang senang bermain dengan teman yang kurang sopan, atau hal yang anda kira menjadi negatif, sebaiknya dengan lembut anda larang dan bermain dengan teman lainnya.

  7. Selalu cek pekerjaan anak.
    Bila tugas sekolah dan prestasi anak menurun, berikan waktu untuk bersama menyelesaikan tugas yang tidak dimengerti anak. Berikan contoh penyelesaiannya hingga anak mengerti. Lalu biarkan anak tertib menyelesaikan soal lainnya sendiri. Pujilah anak bila dia telah berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

  8. Sertakan anak terlibat dalam sebuah Organisasi atau Ekstrakurikuler.
    Bawalah anak melakukan hal positif di luar rumah. Organisasi mendidik anak agar mandiri dan memiliki dasar kepemimpinan. Namun tentunya harus tetap dalam pengawasan anda sebagai orang tua.



Demikian beberapa pola asuh yang dapat membantu anda mendidik anak agar lebih disiplin dan mandiri.(SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar