7 Tips Merawat Rambut Rontok

7 Tips Merawat Rambut Rontok

Saudara- saudari tentu senang bila rambut kita terlihat sehat, hitam lebat berkilau. Karena rambut merupakan mahkota dan rambut merupakan faktor penting dalam penampilan kita, terkecuali pada beberapa orang yang senang dengan penampilan tanpa rambut (botak), yang dituntut ialah kesehatan kulit kepalanya. Tapi bila ternyata rambut kita rontok, tentu kita merasa kurang nyaman. Jangan dibiarkan. Segera atasi agar tidak mengalami kebotakan serius.

Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, kemoterapi pada penderita penyakit tumor ganas (kanker), kulit kepala berminyak, kering dan berketombe. Bila penyebabnya ialah stres, atasi stres anda agar tidak berimbas pada panas di kulit kepala yang menyebabkan kerontokan rambut. Bila disebabkan kemoterapi, memang ini kondisi yang mengharuskan anda mencukur habis rambut hingga kesehatan anda membaik. Untuk pemulihan kesehatan rambut, anda harus lebih extra merawat rambut agar terhindar dari kebotakan.
Cara merawat rambut rontok
Cara merawat rambut rontok


Cara
merawat rambut rontok


Kerontokan rambut yang bukan disebabkan oleh stres dan kemoterapi  dapat diatasi dengan beberapa cara sebagai berikut :

  1. Periksa kulit kepala anda, bila terlalu berminyak atau berkeringat rajinlah mencuci rambut dengan shampoo untuk kulit berminyak. Setelah rambut kering, gunakan tonic penyubur rambut.

  2. Jenis kulit berminyak biasanya memiliki akar rambut yang tidak dalam. Gunakan tonic ginseng untuk menguatkan akar rambut seminggu 2 kali.

  3. Rajinlah menggunting rambut. Agar akar rambut kuat menahan beban rambut, potonglah rambut bila sudah panjang melebihi bahu.

  4. Bila kulit rambut berketombe, rajinlah berkeramas menggunakan shampoo anti ketombe. Bila sudah kering gunakan tonic penguat/ penyubur rambut.

  5. Bila kulit kering dan rontok karena sering terkena AC, gunakanlah conditioner rambut setiap kali selesai berkeramas.

  6. Bila ada waktu anda dapat melakukan creambath lidah buaya sambil memijat kulit kepala anda agar akar rambut mendapat nutrisi dan aliran oksigen di kulit kepala lebih lancar.

  7. Untuk kulit rambut yang sudah terlanjur mengalami kebotakan, anda bisa menggunakan serum penumbuh rambut. Untuk penggunaan serum sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kulit dan kecantikan agar mendapat hasil terbaik.

Demikian tips agar rambut anda kembali sehat terbebas dari kerontokan. Selamat mencoba (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar