7 Cara Memperbaiki Atap Bocor

7 Cara Memperbaiki Atap Bocor

Di musim hujan seperti sekarang ini, biasanya masalah yang sering muncul ialah atap rumah yang bocor. Atap rumah kita yang setiap hari terkena panas dan hujan tentu rawan retak atau belah. Kondisi ini dapat terjadi tidak hanya pada atap genteng, asbes, fiber glass, seng, tetapi juga dapat terjadi pada atap beton atau cor.

Kebocoran dapat terjadi akibat :

  1. Usia atap yang sudah lama

  2. Kemiringan atap kurang. Khusus untuk atap genteng minimal kemiringan atap tidak kurang dari 45 derajat.

  3. Perawatan atap yang kurang. Misalnya membersihkan saluran talang dari tanah/ lumut yang menyumbat. Di tempat yang banyak penduduknya biasanya senang bermain layang-layang. Layang-layang biasanya tersangkut di atap rumah dan mengotori atap rumah.

  4. Asbes dan genteng yang bergeser posisi, pecah, belah akibat angin kencang atau aliran hujan deras.


[caption id="attachment_1863" align="aligncenter" width="635"]Cara Memperbaiki Atap Bocor Cara Memperbaiki Atap Bocor (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Penanganan atau cara memperbaiki atap bocor dapat dilakukan dengan langkah berikut :

  1. Periksa plafon yang terlihat ada bekas tetesan air dan selalu basah sewaktu dan sehabis hujan.

  2. Naiklah ke bagian atap luar rumah. Periksa dari luar apakah ada retakan atau posisi atap yang bergeser.

  3. Bila ada bagian yang bergeser, segera perbaiki letaknya. Bila ada yang retak berikan lem asbes atau lem beton tergantung bahan atap. Tipsnya jika anda tidak memiliki lem beton atau lem asbes, anda dapat gunakan sterofoam dicampur dengan bensin. Aduk dan oleskan pada permukaan beton atau seng atau asbes yang retak.
    Tentunya agar menempel sempurna, perbaikan sebaiknya dilakukan pada saat hari panas. Bersihkan dahulu permukaan yang akan ditambal. Lihatlah seberapa besar kerusakan pada atap.
    Bila atap rumah anda mengalami keretakan hebat, gantilah genteng, fiber glass, atau asbes dengan yang baru tentunya. Oya, perlu diingat pada sisi asbes pemasangan gelombang harus mengarah ke atas agar air yang membasahi atap mengalir ke talang, bukan jatuh ke dalam rumah. Sedangkan untuk cor beton yang retak, anda dapat menggunakan campuran semen dan tanah untuk menambalnya.

  4. Untuk kebocoran samping anda dapat menggunakan seng  yang dibentuk seperti talang air, atau menggunakan karet talang. Pakukan karet talang dan seng pada kaso-kaso atap agar tidak bergeser.

  5. Periksalah juga paku-paku asbes, fiber glass, atau rang genteng. Rapihkan posisinya. Biasanya pada genteng sering terjadi pemuaian. Paku akan muncul keluar sehingga air mudah masuk dari celah paku dan membasahi kayu penahan atap/ baja ringan. Bila banyak titik terkena tetesan dan dibiarkan, tentu akan membahayakan struktur atap anda.

  6. Untuk merapihkan plafon anda agar tidak terlihat bekas tetesan air, anda dapat menggunakan cat besi warna putih dove. Sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu plafon yang kotor akibat tetesan air hujan. Gunakan cat besi, dapat dilakukan berulang hingga noda tertutup rapi. Bila sudah kering anda dapat mengecat sesuai warna plafon sebelumnya.

  7. Rumah anda sudah rapi dan bebas bocor.


Selamat mencoba (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar