6 Tips Menjadi Kaya di Usia Muda

6 Tips Menjadi Kaya di Usia Muda

Menjadi kaya khususnya kaya secara finansial merupakan dambaan setiap orang. Oleh karena itu, banyak orang rela bekerja keras demi mendapatkan kekayaan yang didambakan. Namun kenyataannya, tidak sedikit mereka yang telah berjuang mati-matian sejak dahulu  namun tetap belum mapan secara finansial. Apa yang salah? Mengapa hal demikian bisa terjadi?

Meskipun seseorang telah bekerja mati-matian sejak muda, ada beberapa orang yang gagal mapan secara finansial karena berbagai hal, antara lain kesalahan dalam mengelola keuangan. Kurang lihai dalam mengatur dan memutar uang menjadi penyebab yang paling umum. Padahal, kita bisa menjadi kaya dalam usia muda sekalipun. Ingin tahu caranya ? Silahkan simak ulasan di bawah ini!

  1. Sisihkan minimal 10 % dari penghasilan Anda


Selepas gajian atau selepas Anda mendapatkan uang dari sumber manapun, coba sisihkan 10 % dan anggap uang tersebut tidak ada. Diharapkan Anda tidak mengotak-atik uang ini. Mungkin Anda mengernyitkan dahi keheranan. Hanya 10 %, bagaimana bisa kaya semuda mungkin? Jika Anda ingin kaya, maka mulai sekarang jangan remehkan angka sekecil apapun. 10 % sekalipun, akan bernilai terlebih jika Anda menggunakannya untuk melakukan poin kedua.

[caption id="attachment_1901" align="aligncenter" width="635"]Cara menjadi sukses di usia muda Cara menjadi sukses di usia muda (Ilustrasi/pexels)[/caption]

  1. Gunakan 10 % uang Anda untuk investasi


Nah, jika 10 % dari setiap pendapatan Anda sudah terkumpul, segeralah gunakan untuk investasi. Anda bisa berinvestasi emas, hewan, valuta asing, bermain di bursa saham, reksadana, atau deposito. Setiap uang sudah terkumpul langsung tukarkan dengan investasi agar uangnya tidak terpakai. Anda juga jangan membiarkan uang Anda mengendap terlalu lama di Bank. Bunga Bank yang Anda peroleh nilainya jauh lebih rendah dibandingkan inflasi tahunan. Terlebih jika Bank tersebut menggunakan sistem administrasi bulanan bagi dana simpanan Anda. Akan semakin merugi jika dana itu tetap disana.

  1. Jangan Takut Hidup Susah


Takut hidup susah merupakan penyakit yang sering dialami para pemuda terutama pemuda zaman sekarang. Mereka ingin selalu serba enak dan malas untuk prihatin sementara waktu. Seharusnya tak apalah makan lauk nasi tempe sayur, mencuci baju sendiri, berjalan kaki ke tempat kerja atau kampus, demi memperbesar saldo tabungan. Tidak perlu mengikuti gaya hidup yang “wah” hanya karena takut dikucilkan teman sepermainan. Ingat, sekarang Anda sedang berjuang demi kenyamanan di masa depan.

  1. Jangan mudah tergiur produk gadget keluaran terbaru


Selain nongkrong di kafe, mall dan bioskop, gadget terbaru merupakan ancaman besar bagi anak muda yang sedang ingin berhemat. Dorongan untuk memiliki gadget terbaru dengan segudang fasilitas yang oke kadang membuat Anda dengan cerobohnya menguras tabungan Anda. Jika Anda tidak terlalu membutuhkan gadget teknologi canggih untuk pekerjaan, sebaiknya tunda dulu untuk membeli gadget teranyar. Apalagi hanya agar dianggap keren dan kekinian. Cukup yang sederhana asalkan bisa untuk berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, dan teman-teman. Bagaimanapun komunikasi itu sangat penting untuk mengembangkan relasi.

  1. Kerja keras


Anda pasti sering mendengar quote ini, “sampai kapanpun, usaha tak akan mengkhianati hasil.” Quote ini memang benar dan harus menjadi pedoman bagi anak muda. Selalu semangat mengambil setiap peluang, misalnya mengambil kerjaan part time sepulang kuliah atau di sela-sela waktu kerja.

6. Ciptakan Bisnismu


Totalitas memang merupakan salah satu cara untuk sukses. Namun, untuk Anda yang masih pemula dan memiliki aktivitas lain seperti kuliah atau bekerja, cukup menggunakan waktu-waktu luang Anda untuk berbisnis. Biarkan usaha Anda berkembang meskipun perlahan. Nah. Jika Anda merasa sudah bisa hidup dengan hasil usaha itu, maka pilihan ada di tangan Anda. Tetap bekerja sebagai karyawan atau menjadi pebisnis.

Demikianlah 6 tips menjadi kaya di usia muda. Semoga tips ini bermanfaat dan dapat menginspirasi para pembaca. Salam
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar