6 Tips memiliki rumah sehat

6 Tips memiliki rumah sehat

Biasanya kita menjaga kesehatan hanya berpusat pada apa yang kita makan atau minum sehari-hari atau waktu untuk berolahraga. Namun ternyata, tidak hanya dua faktor di atas saja yang patut kita perhatikan. Pola hidup sehat juga tidak lepas dari tempat kita tinggal, atau tempat kita beraktivitas dan beristirahat.

Untuk anda yang sudah memiliki tempat tinggal pribadi mungkin lebih leluasa untuk mengatur desain kondisi rumah anda. Tapi jangan salah, tips berikut ini dapat diterapkan siapa saja yang tempat tinggalnya ingin terawat, bersih dan sehat.

[caption id="attachment_1806" align="aligncenter" width="635"]Tips memiliki rumah sehat Tips memiliki rumah sehat (Ilustrasi/Pixabay)[/caption]

Untuk memiliki rumah yang sehat, yang wajib kita perhatikan ialah :

  1. Mengatur Sirkulasi Udara.
    Rumah sebaiknya memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik.
    Jendela kaca yang dibuka di pagi dan siang sangat baik untuk kesehatan. Bila rumah anda gelap, pengap atau lembab tentunya akan berakibat buruk untuk pernapasan.

  2. Menjaga Kebersihan Rumah.
    Lantai di setiap ruang sebaiknya selalu bersih. Gunakan pembersih lantai anti kuman. Peralatan masak, makan dan minum juga sebaiknya selalu dalam keadaan bersih.Rajinlah membersihkan sofa dan kasur tidur anda agar bebas tungau. Jemurlah bantal dan guling anda bila lembab. Sprei dan selimut yang terpasang di kamar anda pun sebaiknya minimal 2-4 minggu sekali dicuci.

  3. Tempat Sampah di Rumah.
    Biasakan menaruh sampah dapur di dalam rumah atau di luar rumah yang terlindung dari hujan, sebelum ada petugas kebersihan yang mengambil. Simpan sampah dalam kantong plastik yang terikat dengan rapi agar bau tak sedap tidak mengotori ruangan rumah anda. Sampah basah dari dapur sebaiknya tidak terkena hujan, karena bakteri dan hewan pembusuk akan lebih cepat tumbuh.

  4. Kualitas Air.
    Bila anda menggunakan air tanah/ sumur/ sumur pompa bor, sebaiknya perhatikan kualitas air yang diminum dan dipakai jangan sampai terkena kontaminasi limbah atau zat kimia berbahaya. Air sehat sebaiknya tidak berasa, tidak berwarna dan tidak berbau.

  5. Menjaga Kebersihan Kamar Mandi.
    Rajinlah membersihkan kamar mandi dan menguras air kamar mandi minimal seminggu sekali. Jaga kebersihan peralatan mandi karena kuman paling banyak terdapat di kamar mandi.

  6. Perhatikan Kebersihan Lingkungan Sekitar Rumah.
    Rapihkan bila ada genangan air, untuk mencegah timbulnya nyamuk. Gunakan kelambu di daerah yang rawan nyamuk Anopheles atau Aedes Aegipti penyebab Malaria dan Deman Berdarah. Atau gunakan obat nyamuk listrik/ bakar/ semprot di sore dan malam hari.



Semoga tips di atas membantu anda menjaga kebersihan rumah sehingga kesehatan anda lebih terjaga. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar