6 Tips Memilih Pengasuh Berkualitas

6 Tips Memilih Pengasuh Berkualitas

Hari-hari ini wanita tidak hanya memiliki tugas sebagai ibu rumah tangga. Menjadi pebisnis atau wanita karir di kantor tentu membutuhkan konsentrasi dan cukup menyita waktu anda. Bila sudah berkeluarga dan memiliki anak tentu anda harus memilih priotitas dan membagi perhatian anda antara keluarga dan profesi.

Jika kita memilih untuk tetap menjadi wanita karir dan juga menjadi ibu rumah tangga tentu kita harus memiliki asisten rumah tangga atau pengasuh anak-anak kita, agar pekerjaan rumah tangga tidak terbengkalai.

[caption id="attachment_1769" align="aligncenter" width="423"]Pengasuh anak yang baik Pengasuh anak yang baik (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Mengingat berita di berbagai media sedang musim pencurian, penipuan dan kekerasan terhadap anak bahkan ada beberapa kasus pelecehan pada anak hingga kematian, tentu kita harus lebih berhati-hati memilih pengasuh atau asisten rumah tangga.

Berikut beberapa tips untuk memastikan orang yang kita pekerjakan cukup handal dan berkualitas bekerja di rumah saat kita tidak ada di rumah.

  1. Pilihlah penyalur pembantu atau baby sitter yang berkualitas, yang terdaftar dan track record nya baik.
    Bila memilih pembantu dari sekitar rumah, yakinkan dia penduduk tetap dan berkelakuan baik.

  2. Carilah pembantu dan pengasuh yang memiliki pengalaman kerja, sabar dan gesit.
    Bila memungkinkan memiliki sertifikat atau pernah kursus mengurus rumah dan mengurus balita/ anak.

  3. Sebelum mempekerjakan pembantu atau pengasuh sebaiknya kita bertemu dan berbicara sehingga mengenal latar belakang dan tatanan bahasanya. Hal ini membantu kita mengenal dan bila bahasanya kurang sopan tentu akan berakibat kurang baik karena akan ditiru balita/ anak kita.

  4. Ujilah dahulu beberapa hari pembantu dan pengasuh yang anda pilih dalam pengawasan penuh, bertahap sampai kita yakin tidak ada masalah.

  5. Bila pembantu dan pengasuh memiliki saudara terdekat atau kerabat, sebaiknya kita mengenalnya untuk mempermudah pencarian bila kita ada masalah tentang kejujuran, atau bila ada perlakuan yang kurang baik di rumah kita. Bila terjadi hal yang mencurigakan kita bisa melaporkan pada polisi dan penyelidikan lebih mudah.

  6. Sebelum mempekerjakan dan mempercayakan rumah dan anak kita sebaiknya kita memiliki copy KTP dan CV bila dari agen, bila ada, kita tahan ijasah asli pembantu/ pengasuh minimal hingga kita yakin kualitas kerja, sifat dan kejujurannya memuaskan.



Semoga pekerjaan anda terbantu dan tetap dapat berkarya walau kita memiliki banyak tanggung jawab. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar