6 Cara Mengobati Perih Akibat Asam Lambung Tinggi

6 Cara Mengobati Perih Akibat Asam Lambung Tinggi

Bila kita terserang asam lambung tinggi, tentu kita akan merasakan mual dan perih. Rasanya tentu sangat tidak nyaman. Kita bisa berkeringat dingin menahan perihnya asam di lambung yang tinggi. Beberapa orang ada yang mengalami rasa yang sangat nyeri di dada hingga berfikir terkena serangan jantung. Jika seseorang mengalami asam lambung secara terus-menerus, maka hal ini akan mengiritasi kerongkongan, yang mungkin berkembang menjadi jaringan parut, bengkak atau bahkan pendarahan dalam saluran pencernaan.

Jika Anda menderita kondisi ini, maka Anda perlu untuk melakukan perbaikan pola hidup. Cek kebiasaan apa yang menyebabkan atau yang dapat memperburuk kondisi ini. Mulailah dari mengurangi kebiasaan diet terlalu ketat atau telat makan. Jangan biarkan perut anda terlalu lama kosong atau mengonsumsi makanan terlalu asam dan pedas.

[caption id="attachment_1896" align="aligncenter" width="572"]Tips mengatasi asam lambung naik Tips mengatasi asam lambung naik (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Berikut cara untuk mengobati perih akibat asam lambung tinggi:

1. Memperbaiki pola makan anda


Sebaiknya anda mengurangi konsumsi makanan yang menggunakan perasa buatan. Kebiasaan mengonsumsi cemilan yang diawetkan sebaiknya diganti dengan konsumsi buah-buahan serta  sayuran segar organik. Makanlah buah apel setiap hari, hal ini akan mengganjal lambung sehingga terhindar dari asam lambung tinggi. Rajin mengonsumsi probiotik akan membantu menyeimbangkan bakteri di dalam usus dengan baik.

2. Konsumsi Garam Murni (Zat Asam Klorida)


Zat asam klorida terdapat pada garam murni, KCL. Garam dapat menetralisir asam lambung tinggi. Tapi tentu kadar yang kita konsumsi tetap sewajarnya. KCL merupakan garam yang bentuknya cair dan lebih berkualitas, agak berbeda bentuknya dengan garam dapur biasa.

3. Konsumsi Enzim Pencernaan Tambahan


Konsumsi makanan mentah atau tidak dimasak menggunakan panas lebih dari 116 derajat Fahrenheit, karena kadar enzimnya sangat tinggi dibanding sesudah dimasak. Cukup dengan mengonsumsi makanan mentah yang tinggi gizi dan enzim, dapat mencegah perih akibat asam lambung tinggi.

4. Konsumsi Cuka Sari Apel


Minumlah satu  sendok makan cuka sari apel, dapat dicampur air atau langsung sebelum makan. Cuka Sari Apel akan membantu relaksasi usus, mendukung pencernaan dan mengobati perih akibat asam lambung tinggi.

5. Konsumsi Baking Soda


Bikarbonat memiliki banyak manfaat meskipun beberapa dokter menyarankan untuk tidak digunakan bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi atau dalam masa diet rendah sodium.  Campurkan sesendok baking soda dalam segelas air, aduk, dan diminum.

6. Jus lidah buaya


Jus lidah buaya baik untuk melancarkan pencernaan dan obat tradisional yang luar biasa untuk mengobati perih akibat asam lambung tinggi.

Demikian, semoga Cara Mengobati Perih Akibat Asam Lambung ini dapat membantu anda. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar