6 Cara Melatih Anak Agar Lancar Berbicara

6 Cara Melatih Anak Agar Lancar Berbicara

Ayah dan Bunda tentu mengharapkan putera-puterinya tumbuh dan berkembang sesuai usianya. Pertumbuhan motorik pada anak dan fungsi seluruh panca indera yang normal merupakan impian semua orang tua.

Di usia 18 bulan seorang balita sewajarnya sudah dapat berjalan dan berbicara. Tetapi tidak semua anak dapat berbicara sebagaimana mestinya. Berikut ini cara menstimulasi anak agar dapat berbicara.

[caption id="attachment_1765" align="aligncenter" width="635"]cara agar anak cepat bicara lancar Cara agar anak cepat bicara lancar (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Cara agar anak cepat bicara lancar



  1. Sejak dini sering ajak anak untuk berbicara.
    Jangan biarkan anak hanya menonton TV, DVD film anak, atau hanya mendengar musik terlalu lama tanpa interaksi. Biasakan anda menemani sambil mengajak berbicara. Berikan pertanyaan tentang apa yang sudah di tonton, atau ajak anak anda untuk bernyanyi bersama sambil mendengarkan lagu.

  2. Ajaklah anak bermain dengan teman sebaya.
    Misal bermain dengan saudara, teman, atau bergabung dengan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

  3. Rajinlah mengajarkan kata-kata baru dan mengulang  kata yang kita ucapkan.
    Bila melafalkan kata atau kalimat biasakan mengucap dengan bahasa yang jelas agar anak mudah mengerti. Berikan pertanyaan dan peluklah anak bila bisa menjawab pertanyaan anda dengan baik dan benar.

  4. Bila belum ada perkembangan yang berarti, bawalah anak anda ke tempat khusus terapi bicara.
    Periksakan telinga dan lidah putera-puteri anda, apakah berfungsi dengan baik? Lakukan ulang terapi bicara di rumah. Perhatikan dan tanyakan pada ahli terapi hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk menstimulasinya berbicara. Konsultasikan pada dokter ahli THT bila ada tindakan operasi yang dapat membantu.

  5. Bila ternyata anak anda mengalami kekurangan pada pendengaran/ kemampuan verbal/ kelainan pada anak lidah atau pita suara, sekolahkan anak anda di tempat normal yang menerima anak berkebutuhan khusus. Karena stimulasi dari sosialitas yang baik dan normal dapat menjadi terapi untuk melancarkan anak anda berbicara.

  6. Lengkapi anak anda dengan memberi alat bantu dengar atau pengobatan khusus pada lidah atau pita suaranya.


Semoga tips di atas berguna bagi kesehatan dan pertumbuhan anak anda. (SRH)




Sumber : Pengetahuan Pribadi dan Pengalaman Saudara
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar