5 Trik Sederhana Mencegah Konstipasi

5 Trik Sederhana Mencegah Konstipasi

Konstipasi dinilai sebagai sumber permasalahan dari melebarnya lingkar pinggang, kulit kusam, dan tidur gelisah. Meskipun sering dianggap sepele, namun masalah ini sebenarnya tidak sesederhana kelihatannya. Jika mengalami gejala-gejala konstipasi segera lakukan trik-trik sedehana ini agar ia tidak semakin parah. Apa saja triknya? Simak pembahasan di bawah ini!

Trik Mencegah Konstipasi



  1. Jangan Abaikan Sarapan

Banyak orang mengabaikan sarapan. Padahal, asupan makanan di pagi hari sangat penting untuk tubuh. Tidak hanya menyediakan energi untuk tubuh, sarapan pagi juga dapat mencegah konstipasi. Menurut jam biologis tubuh, waktu terbaik untuk buang air besar ialah pagi hari. Anda bisa membuat jadwal BAB Anda rutin setiap pagi dengan rutin sarapan. Usus akan terdorong untuk melepaskan isi di dalamnya kira-kira setengah jam setelah makanan pertama di pagi hari. Untuk itu, selalu sempatkan sarapan!

Mencegah Konstipasi
Sembelit (By James Heilman, MD (Own work) [CC BY 3.0], via Wikimedia Commons)


  1. Minum Cukup Air

Untuk mencegah konstipasi, Anda wajib minum air putih idealnya sekitar 6-8 gelas perhari. Jika kebutuhan akan air tercukupi, maka feses Anda tidak akan menjadi keras, sehingga mudah dikeluarkan. Jika Anda pekerja kantoran, siapkan botol air minum ukuran 1,5 liter di meja kerja Anda dan usahakan untuk menghabiskannya sebelum pulang.

  1. Jangan Konsumsi Serat Berlebih

Berdasarkan banyak literatur, serat memang dapat melancarkan buang air besar. Namun, terlalu banyak mengonsumsi serat justru menyebabkan perut begah, penuh gas, dan memungkinkan terserang diare. Untuk itu, konsumsi serat secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan untuk mencegah konstipasi.

  1. Gunakan Pencahar Alami

Pencahar alami dapat Anda gunakan untuk mencegah konstipasi atau memberantas konstipasi ketika sudah merasakan gejala awalnya. Bahan-bahan pencahar alami tersebut antara lain jus buah anggur, gliserin, dan susu magnesia. Bahan pencahar seperti kopi sebenarnya juga dinilai sebagai stimulan pergerakan usus besar. Namun, pendapat ini masih menimbulkan perdebatan diantara para ilmuwan.

  1. Jangan Malas Bergerak

Jangan sepelekan aktivitas bergerak. Aktif bergerak, terutama jika Anda rajin berolahraga akan memacu fungsi usus, terutama usus besar. Anda bisa melakukan aktivitas ringan seperti  jalan santai, berenang, dan aerobik untuk mencegah konstipasi. Bahkan cara ini juga ampuh diaplikasikan pada mereka yang sedang mengalami konstipasi tahap awal.

Bagaimana sobat? Sangat mudah bukan untuk mencegah konstipasi? Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar