5 Tips Mengolah Daging Kambing

5 Tips Mengolah Daging Kambing

Daging kambing merupakan makanan yang paling disukai dan banyak dijumpai di daerah Timur Tengah dikarenakan aromanya yang khas menggungah selera. Daging kambing sangat lezat diolah menjadi gulai, nasi kare ataupun sate.

Daging kambing tentu banyak dikonsumsi pada Hari Raya Idul Adha. Namun sebagian besar orang memiliki stigma negatif mengenai konsumsi daging kambing. Ternyata setelah diteliti,  lemak pada sapi lebih tinggi dibandingkan lemak pada daging kambing. Jadi ketakutan anda tidak berarti sepenuhnya. Hanya daging kambing yang dikonsumsi dalam jumlah banyak yang bisa meningkatkan kolesterol di dalam darah.
Alasan lain mengapa orang tidak menyukai olahan daging kambing dikarenakan daging kambing memiliki bau prengus khas yang tajam.

[caption id="attachment_1820" align="aligncenter" width="635"]Cara mengolah daging kambing Cara mengolah daging kambing (Ilustrasi/wikimedia)[/caption]

Tips mengolah daging kambing berikut ini dapat mengatasi baunya yang tajam :

  1. Sebaiknya daging kambing yang dimasak merupakan daging kambing muda dan segar. Bagian pahanya merupakan bagian terbaik dari daging kambing.

  2. Bersihkan daging kambing sebelum dimasak secara teliti. Perhatikan jangan sampai ada darah segar yang tersisa karena selain darah mengandung bau yang tajam juga tidak disarankan mengonsumsi darah di dalam agama.

  3. Gunakan rempah-rempah alami seperti kayu manis, jahe, kunyit, bawang segar. Hindari pemakaian bumbu cepat saji atau diawetkan dengan bahan kimia. Menggunakan bahan bumbu alami bertujuan agar aroma tajam dari daging kambing tidak tercium dan rasa makanan terbaik yang muncul.

  4. Untuk menghindari kolesterol dari daging kambing, anda dapat menambahkan cabai, hal ini dikarenanakan cabai dapat mengimbangi kolesterol dengan antioksidan, mengandung Vitamin C tinggi dan anti kanker. Itulah mengapa sebagian besar masakan orang Timur Tengah dan India bercita rasa pedas.

  5. Hidangkan olahan daging kambing selalu dalam kondisi panas atau hangat. Dikarenakan bila makanan kambing berkuah dalam kondisi dingin, lemaknya akan menempel di lidah.



Daging kambing yang diolah dengan benar dan rajin dikonsumsi dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Untuk itu anda tidak perlu lagi takut mengonsumsi daging kambing. Semoga tips mengolah daging kambing ini dapat membantu anda mendapat gizi  dan citarasa terbaik dari daging kambing.(SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar