5 Cara Merawat Mobil Agar Hemat Bahan Bakar

5 Cara Merawat Mobil Agar Hemat Bahan Bakar

Memiliki kendaraan pribadi merupakan gengsi tersendiri bagi pemiliknya. Sejalan dengan keperluan dan gaya hidup, bagi anda yang memiliki kendaraan pribadi khususnya mobil tentu memiliki budget tersendiri selain merawat, juga biaya konsumsi bahan bakar.

Solusi dalam menghemat bahan bakar ternyata tidak hanya berdasarkan kilometer penggunaan mobil. Tetapi juga berkaitan dengan beberapa hal mengenai perawatan. Perawatan yang dilakukan secara rutin, tidak hanya menambah kenyamanan berkendara namun juga dapat menghemat penggunaan bahan bakar.

[caption id="attachment_1922" align="aligncenter" width="635"]Mobil hemat bahan bakar Mobil hemat bahan bakar (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Beberapa cara merawat mobil agar hemat bahan bakar adalah sebagai berikut :

1. Kurangi Beban Mobil


Beban yang berat dapat memperlambat laju mobil sehingga sulit berakselerasi. Perhatikan apakah ada barang yang tidak perlu di dalam mobil anda? Atau adakah beban lebih dalam bagasi atau bagian atap mobil anda? Sebaiknya dikurangi karena akan menghambat laju kecepatan karena beban berlebih dan menghalangi gerak mobil anda.

2. Merawat Saringan Udara


Bersihkan saringan udara, karena bila kotor akan membuat tenaga dan efisiensi mesin akan berkurang dan lebih banyak bahan bakar yang akan dikeluarkan.

3. Cek Tekanan Angin Ban


Tekanan angin ban yang diisi dengan tekanan yang benar akan memiliki kemampuan jelajah yang lebih jauh sehingga jumlah bahan bakar yang dikeluarkan lebih irit.

4. Service Mobil dan Tune-up Sesuai Jadwal


Bila anda rajin men-service  mobil anda tepat waktu, tentu mobil anda lebih awet dan dapat  mengoptimalkan pemakaian bahan bakar. Bila ada bagian yang sudah aus, hendaknya diganti, karena penggantian onderdil seperti busi dan koil tepat waktu akan memperlancar putaran mesin, sehingga makin besar tenaganya, mengurangi panas mesin dan makin hemat pemakaian bahan bakarnya.

5. Pakailah Oli Sintetis


Penggunaan oli sintetis akan menghemat sekitar 5% konsumsi bahan bakar, dan umur oli lebih tahan lama. Sehingga anda dapat mengurangi kuantitas penggantian oli dan menghemat biaya perawatan.

Dengan perawatan yang rutin, dan penggunaan kendaraan mobil yang tepat guna, secara jangka panjang akan terasa perbedaan dan perbandingan hematnya. Selain umur kendaraan lebih lama dan nyaman digunakan, juga menghemat penggunaan bahan bakar. Selamat mencoba cara merawat mobil agar menghemat bahan bakar di atas. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar