5 Cara Ampuh Mengusir Lalat Dari Dalam Rumah

5 Cara Ampuh Mengusir Lalat Dari Dalam Rumah

Lalat merupakan hewan yang sering seliweran di dalam rumah. Terkadang, meskipun Anda sudah membersihkan rumah dengan baik, namun lalat tetap saja datang. Keadaan ini tentu sangat mengganggu, terutama ketika Anda sedang mengadakan acara kumpul-kumpul seperti arisan, pertemuan keluarga besar, dan acara-acara gathering yang lain. Karbol merupakan pilihan utama untuk mengatasi masalah ini. Namun, bau karbol yang sangat menyengat justru sering membuat Anda menjadi mual.

Untuk mengusir lalat dari dalam rumah, Anda dapat mengaplikasikan 5 cara sederhana namun ampuh untuk mengusir lalat. Ingin tahu bagaimana saja caranya? Silahkan simak pembahasan di bawah ini.

[caption id="attachment_1828" align="aligncenter" width="635"]Cara mengusir lalat di rumah Cara mengusir lalat di rumah (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Cara mengusir lalat di rumah



  1. Semprotkan Cairan Herbal


Lalat tidak menyukai aroma asam. Anda bisa menggunakan campuran air cuka dan jeruk nipis untuk menghalau lalat. Caranya cukup mudah. Campurkan 5 sendok makan cuka dan 3 sendok makan air perasan jeruk kemudian tambahkan air secukupnya. Pastikan campuran tersebut merata dan masukkan ke dalam spray. Semprotkan cairan tersebut layaknya pengharum ruangan. Dengan demikian, lalat tidak akan tertarik untuk masuk ke rumah Anda.

  1. Letakkan Irisan Daun Pandan di Sudut Ruangan


Memanfaatkan sifat lalat yang tidak menyukai aroma harum, maka Anda dapat menggunakan daun pandan untuk mengurangi kedatangan lalat di rumah Anda. Anda cukup mencacah daun pandan secukupnya, kemudian masukkan cacahan tersebut ke dalam wadah kecil. Tempatkan wadah tersebut pada sudut-sudut ruangan untuk mencegah lalat masuk rumah.

  1. Menggunakan Lilin dan Cairan Sabun


Cara yang satu ini tidak digunakan untuk mengusir lalat, namun untuk membasmi lalat. Siapkan cairan sabun dan tuang ke dalam mangkuk kecil. Letakkan lilin di tengah mangkuk, lalu nyalakan sumbunya. Lalat yang masuk ke dalam rumah Anda akan tertarik untuk mendekati lilin namun kemudian tubuhnya akan menempel di cairan sabun dan terperangkap di sana.

  1. Hilangkan Aroma Amis


Lalat sangat menyukai aroma amis. Maka tak heran jika rumah Anda akan diserbu banyak lalat pasca Anda memasak seafood, daging, dan makanan berbau amis lainnya. Untuk itu, bersihkan dan hilangkan bau amis sesegera mungkin. Anda juga bisa sedikit mengurangi bau amis dengan memasukkan satu sendok teh peanut butter ke dalam minyak yang akan digunakan untuk menggoreng masakan Anda.  Selai kacang juga dinilai dapat meredam bau amis tanpa mengubah cita rasa masakan Anda.

  1. Mengusir Lalat dengan Air Rendaman Serai atau Cengkeh


Aroma Serai dan cengkeh merupakan aroma yang tidak disukai lalat. Rendamlah serai atau cengkeh ke dalam air selama 24 jam. Kemudian letakkan air tersebut di sudut-sudut ruangan. Anda bisa menyamarkan penempatannya agar tidak mengganggu pemandangan dengan menuangkan air tersebut pada vas bunga. Dengan demikian, lalat tidak akan berani masuk ke rumah Anda.

Demikianlah 5 cara ampuh untuk mengusir lalat dari dalam rumah. Semoga tips sederhana ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi para pembaca. Salam !
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar