4 Tips Memasang Tabung Gas Elpiji ke Regulator

4 Tips Memasang Tabung Gas Elpiji ke Regulator

Sebenarnya topik ini merupakan hal sederhana, tetapi bila anda tidak berhati-hati, tentunya bisa menimbulkan kerugian, baik kebakaran, kecelakaan, bahkan kematian. Kasus pemasangan tabung gas yang kurang baik, terutama gas elpiji 3 kg menimbulkan berbagai kerugian misal kebakaran di pasar, bayi yang terkena ledakan gas elpiji dan harus di operasi plastik akibat kulit yang terbakar, rumah makan yang tutup sementara karena ledakan gas elpiji mengakibatkan kaca pecah dan dapur rumah makan yang terbakar.

Bila pemasangan regulator pada gas elpiji tidak/ kurang tepat, bisa menimbulkan ledakan. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai pemasangan regulator pada tabung gas elpiji.
memasang gas elpiji (Ilustrasi/Poster Pertamina)
memasang gas elpiji (Ilustrasi/Poster Pertamina)


Cara memasang gas elpiji



  1. Periksa label expired atau masa berlaku pada tabung elpiji. Misal : tertulis 08-2017 artinya tabung dapat digunakan hingga Agustus tahun 2017.

  2. Berikutnya cek permukaan tabung. Apakah ada suara? Kebocoran bisa di lihat dari bagian samping. Ada patahan yang agak menonjol pada bagian tabung. Atau pada bagian atas tabung, ada lapisan tipis berwarna merah. Untuk meyakinkan tidak ada kebocoran, periksalah dengan memberikan air pada permukaan tabung. Hati-hati jangan sampai mulut tabung basah. Air akan menutup jalan gas. Bila mulut tabung gas elpiji basah/ tergenang air, gas tidak akan keluar. Bila ada gelembung udara artinya tabung bocor. Gantilah tabung gas elpiji untuk menghindari kebakaran.

  3. Pasang regulator lurus pada mulut tabung. Bila terdengar suara, lepas regulator dan karet. Gunakan jepit rambut, perbaiki letak pentil tabung hingga tidak berbunyi. Lalu pasang kembali karet yang sesuai dan regulator anda.

  4. Anda siap untuk menggunakan kompor gas untuk memasak.

Yang perlu dicatat ialah bila ragu dengan tabung gas, jangan menyalakan lampu/ alat elektronik terlalu dekat dengan kompor saat pemasangan regulator. Bila ada kebocoran segera keluarkan tabung dari rumah dengan membungkusnya menggunakan kain tebal/ karung goni basah atau masukkan tabung gas elpiji ke dalam bak yang penuh terisi air hingga tidak tercium amoniak. Gas yang menutupi ruangan akan memercikkan api pada lampu atau alat elektronik yang sedang dinyalakan dan mengakibatkan korsleting hingga kebakaran. Bila terjadi, segera matikan saklar listrik dari kotak PLN anda dan tetangga terdekat agar tidak menyebar luas. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar