4 Tips Jitu Untuk Menghindari Efek Buruk Konsumsi Daging Kambing yang
Berlebihan

4 Tips Jitu Untuk Menghindari Efek Buruk Konsumsi Daging Kambing yang Berlebihan

Idul Adha telah tiba. Pada momen ini, biasanya Anda memiliki banyak stok daging, baik sapi maupun kambing di rumah Anda karena mendapat kiriman dari sana-sini. Berbicara tentang daging kambing, banyak orang yang kemudian kambuh penyakit hipertensi atau kolestrol setelah Idul Adha dikarenakan mengonsumsi terlalu banyak daging kambing. Niat untuk menghindari makanan yang satu ini sebenarnya sudah bulat. Namun apalah daya karena olahan daging kambing yang berlimpah ruah membuat Anda tak kuasa untuk menolaknya.

Bagi Anda yang ingin makan daging kambing, namun takut akan risiko yang ditimbulkan, silahkan simak dan terapkan 4 tips jitu yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Selamat membaca!

[caption id="attachment_1811" align="aligncenter" width="635"]Tips menghindari efek makan daging kambing Tips menghindari efek makan daging kambing (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Tips Menghindari Efek Buruk Konsumsi Daging Kambing



  1. Makan Sayur Lebih Banyak


Daging kambing merupakan makanan yang kaya akan protein, lemak, dan kolestrol. Sedangkan, daging ini tidak memiliki kandungan serat. Untuk menghindari efek buruk kolestrol yang masuk ke dalam tubuh, maka Anda perlu makan sayur lebih banyak. Sayur-sayuran terutama mentimun akan menetralisir lemak-lemak jahat yang berada dalam daging kambing dan membuangnya melalui feses. Dengan demikian, Anda akan terlepas dari bayang-bayang hipertensi dan naiknya kadar kolestrol dalam darah.

  1. Konsumsi Jus Jeruk atau Lemon


Tambahkan Jus jeruk atau Lemon pada menu harian Anda untuk menghindari efek buruk dari konsumsi daging kambing yang berlebihan di hari raya Idul Adha. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada buah jeruk dan Lemon dapat membersihkan kerongkongan dari sisa-sisa lemak yang menempel. Sebaiknya jangan campurkan es dalam minuman tersebut agar tidak mengganggu proses penguraian lemak pada tubuh. Jika Anda membuat minuman dari Lemon, jangan membuat Lemon tea karena kandungan tanin pada teh akan mengganggu proses penyerapan nutrien pada tubuh Anda.

  1. Hindari Kafein dan Makanan Manis


Konsumsi daging kambing yang berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas. Hal ini disebabkan karena tingginya kandungan lemak yang terdapat di dalamnya. Dengan demikian, sebaiknya Anda menghindari makanan-makanan yang terlalu manis agar tidak menimbun kalori terlalu banyak pada tubuh. Hindari pula minuman berkafein seperti kopi untuk sementara waktu agar tekanan darah tidak meningkat tajam.

  1. Rajin Berolahraga


Olahraga merupakan tips jitu yang akan sangat membantu Anda dalam meminimalisir efek buruk konsumsi daging kambing yang berlebihan. Dengan rajin berolahraga, maka kalori yang tertimbun dalam tubuh Anda akan terbakar. Konsumsi daging kambing akan menyebabkan lebih banyak kalori yang masuk ke tubuh sehingga kalori-kalori tersebut harus dibakar. Selain itu, olahraga dapat melancarkan aliran darah. Aliran darah yang lancar akan berdampak positif bagi kesehatan Anda.

Demikianlah 4 tips jitu untuk menghindari efek konsumsi daging kambing yang berlebihan. Semoga bermanfaat, dan Selamat merayakan Idul Adha 1437 H!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar