4 Tips Jitu Untuk Anda wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga

4 Tips Jitu Untuk Anda wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga

Bingung memilih antara wanita karir dan menjadi Ibu Rumah Tangga? Kalau memilih wanita karir, Anda takut urusan rumah tangga terbengkalai, kalau memilih Ibu Rumah Tangga, kebutuhan ekonomi keluarga tidak tercukupi. Tidak perlu khawatir, Anda bisa menjalani dua profesi ini bersamaan tanpa harus mengorbankan salah satunya dengan 4 tips jitu ini. Kuncinya Anda harus disiplin dan terstruktur. Apa saja tipsnya? Silahkan simak uraian di bawah ini!

  1. Bangun Lebih Pagi


Sebagai seorang Ibu Rumah Tangga, bangun lebih awal merupakan suatu keharusan. Bangunlah menjelang Subuh atau pas waktu Subuh dan jangan tidur lagi setelahnya. Dengan bangun lebih pagi, maka Anda bisa memulai segala aktivitas lebih awal. Ingat, Anda berkewajiban untuk menyiapkan sarapan, makanan untuk hari ini, dan membantu anggota keluarga lain untuk bersiap-siap berangkat kerja atau sekolah. Selain dapat mengatur waktu lebih baik, bangun lebih pagi juga baik untuk kesehatan Anda. Udaranya yang segar akan membersihkan paru-paru Anda dan menekan tingkat stres. Sangat bermanfaat bukan?

[caption id="attachment_1712" align="aligncenter" width="525"]Tips menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga Tips menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga (Ilustrasi/pexels)[/caption]

  1. Perhatikan List dan Jadwal Belanja


Sebagai wanita karir, tentu Anda memiliki waktu yang lebih sedikit untuk berbelanja. Anda tentu tidak keburu jika akan memasak harus menunggu tukang sayur datang. Oleh karena itu, sebaiknya agendakan belanja mingguan untuk kebutuhan bahan pangan Anda seperti sayur, daging, ikan, tahu, tempe, dan masukkan ke dalam kulkas. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga.

  1. Manfaatkan Teknologi Seoptimal Mungkin


Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, pekerjaan manusia sudah banyak yang dibantu oleh mesin. Dengan demikian, Anda sebagai wanita karir sekaligus Ibu Rumah Tangga juga akan banyak terbantu dengan adanya berbagai alat canggih yang akan mengerjakan pekerjaan rumah Anda. Sebagai contoh, ketika pagi hari, Anda bisa memasak lauk di kompor gas sembari menanak nasi menggunakan magic com. Sore hari, Anda bisa mencuci baju menggunakan mesin cuci sambil Anda beres-beres rumah. Banyak pekerjaan rumah yang bisa dilakukan bersamaan sehingga tidak menyita waktu dan juga tenaga.

  1. Bagi Tugas Dengan Suami dan Anak-Anak


Tugas dalam rumah tangga idealnya saling dibagi. Terlebih jika anak-anak Anda sudah cukup besar. Saling membagi tugas rumah tangga akan semakin mempererat hubungan keharmonisan antar anggota keluarga. Untuk anak-anak, cara ini juga efektif untuk mengajarkan skill dasar rumah tangga dan melatih tanggung jawab. Sebagai contoh, anak diberikan tugas menyapu dan mengepel lantai setiap sore, menghangatkan masakan, dan mencuci piring. Sedangkan Ayah bertugas menguras bak mandi, mencuci motor atau mobil, dan menjemur pakaian. Dengan begitu, setiap anggota keluarga merasa terlibat dalam urusan rumah tangga, dan Anda tidak terlalu lelah karena harus mengurus semua sendirian.

Demikianlah tips jitu untuk Anda wanita karir sekaligus Ibu Rumah Tangga. Dengan menerapkan keempat tips jitu tersebut, maka tenaga Anda tidak akan terforsir, dan kedua peran Anda yakni sebagai wanita karir dan Ibu Rumah Tangga dapat berjalan dengan baik. Memang tidak mudah, namun asalkan Anda disiplin, maka pencapaian tersebut bukanlah hal yang mustahil. Selamat berjuang wanita-wanita hebat!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar